Tips Sukses Medina Zein, Hijabers yang Jadi Miliuner di Usia 24

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 04 Mei 2017 12:12 WIB
Foto: Medina Zein
Jakarta - Banyak hijabers Indonesia yang sukses di usia muda. Medina Zein merupakan salah satunya. Bagaimana tidak, di usia yang baru 24 tahun Medina sudah berhasil membangun 'istana' kecantikannya dan memiliki penghasilan miliaran rupiah per bulan.

Wanita dengan nama lengkap Medina Susani Daivina Zein itu mendirikan bisnis kecantikan sejak 2012 bermodalkan nekat bahkan sempat tak direstui orangtua. Namun karena niat dan kerja keras ia berhasil mewujudkan mimpi dan tentu membanggakan orangtua.

Kini wanita lulusan Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung, itu menaungi PT Medina Global Care yang awalnya hanya membawahi klinik kecantikan miliknya, MD Clinic. MD Clinic pun sudah memiliki tiga cabang di Bandung, Makassar serta berencana buka di Jakarta. Kemudian ia membuat beberapa anak perusahaan di bidang fashion dan travel.
Tips Sukses Medina Zein, Hijabers yang Jadi Miliuner di Usia 24Foto: Medina Zein

Ya, Medina terjun ke dunia fashion dengan membuat Medina Zein Boutique yang kini sudah buka cabang di Bandung serta Jakarta. Tidak hanya itu, ia juga menjalani bisnis travel dengan nama Medina Tour & Travel yang dibangun sejak 2015 lalu. Wanita kelahiran 23 Mei 1992 ini juga sudah membawahi 300 orang karyawan.

Bagaimana Medina bisa mencapai kesuksesan dalam waktu yang singkat dengan usia sangat muda? Ketika berbincang dengan Wolipop, ia pun berbagi resep rahasia kesuksesannya.

1. Fokus
Hijabers asal Bandung itu menuturkan kunci utama untuk bisa sukses di usia muda awalnya punya mimpi. Ketika sudah punya mimpi maka Anda akan terpacu untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut. Medina pun menegaskan kalau yang paling penting saat berusaha meraih mimpi adalah komitmen dan fokus.

"Sebenarnya kunci utamanya seperti motto hidupku, masa depan itu ditentukan seberapa besar mimpimu, kerja kerasmu, dan orang di sekitar kamu. Fokus dalam bisnis itu yang paling utama. Awalnya saya juga nggak pernah tahu bisa besar, semua nggak bisa diduga tapi aku pikir ini semua karena keseriusan dan kefokusan aku," ujar Medina beberapa waktu lalu saat berbincang dengan Wolipop di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Selatan.

2. Kualitas
Kualitas menjadi hal yang selalu didahulukan bagi Medina. "Produk kecantikan itu penting kualitasnya dipertahankan jangan sampai karena bahan baku naik kita turun kualitasnya. Punya klinik juga tempatnya harus nyaman, bersih, membuat orang rileks karena kita bergerak di bidang jasa jadi servisnya harus bagus," tambah anak pertama dari dua bersaudara itu.
Tips Sukses Medina Zein, Hijabers yang Jadi Miliuner di Usia 24Foto: Medina Zein

3. Selalu Update
Update juga menjadi bagian dari strategi bisnis yang dijalani oleh Medina. Menurutnya suatu usaha tanpa update inovasi baru akan jatuh dengan cepat karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, tren, dan teknologi. Oleh sebab itu, ia menekankan perlu adanya inovasi sesuai dengan bidang usahanya.

"Kreatif itu penting karena sekarang banyak banget usaha yang cuma bisa ngejiplak orang tanpa memikirkan inovasi dari usahanya sendiri. Kayak sekarang bisnis kecantikan banyak banget. Kalau aku terlena dengan stuck, nggak mengembangkan produk aku, nggak berinovasi seperti tambah alat, mengembangkan treatment lainnya, menurut aku nggak akan bisa cepat naik kalau nggak ada inovasinya," ujarnya.

4. Pentingnya Brand Image
Bagi Medina, brand image juga sangat penting. Bahkan untuk menguatkan brand image, Medina tak ragu mengeluarkan budget ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dalam promosi produk ia lebih memilih untuk menggunakan buzzer seperti selebgram atau aktris.
Tips Sukses Medina Zein, Hijabers yang Jadi Miliuner di Usia 24Foto: Medina Zein

5. Punya Tim yang Profesional
Wanita berkulit putih ini juga mengatakan perlunya tim yang profesional. Oleh karena itu, ia memilih untuk mempekerjakan orang-orang yang memang ahli di bidangnya terutama soal keuangan perusahaan. Medina yang sudah berkali-kali menelan pil pahit saat ditipu karyawan tak ingin hal tersebut terjadi lagi. Maka dari itu, ia cukup selektif dalam memilih karyawan.

Medina pun belum ingin melakukan kerjasama dengan pihak luar karena banyak pertimbangan yang tidak diyakininya. Ia masih ingin mengembangkan perusahaannya sendiri dan tidak membuka franchise. Menurutnya banyak perusahaan yang akhirnya pailit karena adanya franchise.

6. Terus Belajar
Salah satu cara untuk mempertahankan perusahaan adalah dengan mau belajar. Untuk menciptakan inovasi yang berbeda, Medina menyarankan agar terus belajar dan menambah ilmu. Belajar tidak berhenti ketika kita sukses justru pembelajaran harus semakin meningkat saat sedang naik daun agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya.

Medina pun berusaha untuk terus meningkatkan ilmunya dalam kecantikan. Tidak hanya dirinya tapi juga tim yang dimilikinya sekarang. Ibu satu anak itu juga menuturkan bahwa ia tak ragu untuk menyekolahkan dokter yang bekerja di kliniknya agar terus bisa menciptakan inovasi baru.

"Kalau sekolah kulit itu kita dapat upgrade-an ilmu, misalnya sekarang yang lagi bagus kandungannya kolagen, apa manfaatnya, lebih cari ilmu-ilmu baru," ujarnya. (ays/ays)