Tak Hanya Buat Hijabers, Barbie juga Bakal Punya Koleksi Jilbab Sendiri

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 15 Mar 2017 15:00 WIB
Foto: Ist.
Jakarta - Masih ingat dengan Hijarbie, Barbie berhijab yang populer di Instagram? Jika tahun lalu hadir Barbie yang mengenakan jilbab kini telah disiapkan koleksi hijab khusus untuk boneka ikonik favorit anak perempuan tersebut.

Seorang wanita asal Amerika Serikat (AS) berencana untuk mengeluarkan brand hijab untuk dipakai Barbie. Meski bukan beragama Islam namun wanita tersebut tertarik merilis koleksi jilbab Barbie. Siapa wanita yang dimaksud?

Dia adalah Gisele Barreto Fetterman, wanita kelahiran Brazil yang berencana meluncurkan brand hijab buat Barbie. Gisele mengatakan ia ingin mengenalkan putrinya terhadap keragaman budaya serta agama di masyarakat. Salah satu caranya menggunakan Barbie.

Gisele mengaku awalnya tidak terbesit untuk menampilkan Barbie berhijab di depan anaknya. Namun kala itu, buah hati tercintanya meminta untuk dicarikan kacamata untuk Barbie. Si kecil ingin mempunyai beberapa kacamata yang cocok dengan koleksi Barbie miliknya.

Gisele kemudian tersadar bahwa tidak mudah menemukan kacamata yang cocok untuk semua jenis Barbie. Kemudian terlintas pemikiran bahwa tidak semua wanita terwakili dengan boneka tersebut walaupun beragam profesi hingga busana sudah disiapkan buat Barbie.

"Saya melihat betapa pentingnya untuk bisa terwakilkan. Saya pikir siapa yang tidak terwakili?" ujar Gisele kepada Heat Street.

Wanita yang berdomisili di Pittsburgh, Pennsylvania, AS, itu kemudian berpikir untuk memperlihatkan boneka muslim kepada putrinya yakni dengan menggunakan Barbie berjilbab. Akan tetapi, ia tidak menemukan jilbab khusus untuk Barbie. Oleh karena itu, Gisele berencana membuat koleksi hijab buat Barbie.

Agar tidak salah langkah, Gisele mengaku berkonsultasi terlebih dahulu dengan teman-temannya yang muslim. Ia bahkan menjadwalkan pertemuan dengan para anggota dari Islamic Center of Pittsburgh untuk mendiskusinya idenya membuat koleksi jilbab untuk Barbie.

"Niat saya semakin bulat setelah berdiskusi dengan teman-teman muslim. Saya banyak mendengarkan saran mereka dan itu sangat positif," paparnya.

Rencananya, Gisele akan meluncurkan lini hijab Barbie bernama 'Hello Hijab' pada April mendatang. Awalnya ia akan menjualnya melalui For Good Pittsburgh, sebuah organisasi nirlaba yang didirikannya bersama komunitas ibu-ibu yang berdomisili di daerah tempat tinggalnya.

Harga yang ditawarkan sekitar US$ 6 atau Rp 81 ribu. Setiap jilbab Barbie akan dilengkapi dengan label kecil serta sejarah singkat dari garmen dan tulisan pengingat 'walaupun keyakinan kita berbeda-beda tapi kita memiliki banyak kesamaan'.

Gisele berharap langkahnya ini bisa membantu menunjukkan keragaman dan memberikan pemikiran terbuka untuk anak-anaknya kelak. "Saya berharap kita bisa membesarkan generasi yang ramah. Dan jika anak-anak kita bermain dengan boneka yang mewakili berbagai jenis orang, ketika mereka tumbuh lalu bertemu dengan banyak orang (termasuk wanita berhijab), saya berharap mereka akan menjadi jauh lebih baik menghargai sesama daripada generasi sebelumnya," tambahnya kemudian.



Ingin ikut Umrah gratis dan hadiah uang tunai total ratusan juta rupiah? Yuk, ikut audisi Sunsilk Hijab Hunt 2017! Daftar DI SINI. (ays/ays)