Indonesia Fashion Week 2016

Oki Setiana Dewi Hingga Umi Pipik Pamerkan Busana Syar'i di IFW 2016

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 11 Mar 2016 08:25 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta -

Parade busana hijab menutup hari pertama gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2016, Kamis (10/3/2016). Fashion show pun terasa spesial karena diisi artis-artis ternama yang memang berbisnis baju muslimah. Mereka adalah Oki Setiana Dewi, Pipiek Dian Irawati, Lyra Virna, dan Zaskia Adya Mecca.

Fashion show kolaborasi yang digelar di JCC tersebut mengangkat tema The Elemen. Keempat desainer cantik itu pun mengusung inspirasi berbagai‎ unsur bumi, seperti bunga, padang pasir, pantai, dan piramid.

Berbeda dengan parade modestwear sebelumnya, peragaan koleksi kali itu didominasi tampilan syar'i. Meski menjadi satu-satunya perancang yang tidak menghadirkan rangkaian busana syar'i, Zaskia senang bisa ikut menampilkan karya terbarunya.

"Alhamdullilah mereka menerima aku yang tidak atau masih belajar jadi syar'i dengan terbuka. Fashion show ini menggambarkan keberagaman fashion hijab di Indonesia," kata Zaskia saat konferensi pers sebelum acara di Media Logue.

Brand OSD Bridal milik Oki tampil mengawali fashion show. Ibu anak dua tersebut menghadirkan 15 baju pengantin bertema Romantic Rhapsody. Ia pun menawarkan koleksinya dengan warna-warna pastel, seperti pink, hijau mint, biru, dan putih. Setiap gaun dihiasi aksen ruffle dan draperi ‎serta taburan kristal swaroszki.

Hadir pula salah satu ciri lini bridal ini yakni bagian veil sekaligus hijab yang dibuat panjang.‎ Sesuai dengan unsur bunga, setiap baju pengantin tak membentuk badan itu juga tidak absen detail floral. Menggunakan material, seperti tulle, organdi, taffeta, serta tempelan bunga 3D, koleksi ini tampak feminin dan mewah.

‎Pipiek atau yang sering dipanggil Umi Pipik menampilkan busana serba hitam seperti yang sering dikenakannya. Serangkaian gamis dihiasi detail etnik dari tenun rangrang asal Bali. Wastra itu pun dihadirkan di bagian lengan, dada, hingga sebagai aksen jubah. Adapun beberapa yang tampil mewah dengan aplikasi sequin.

Meccanism yang dibawa Zaskia bersama sang adik Tasya Medina tampil selanjutnya. Koleksinya kali ini pun cukup berbeda dari yang sebelum. Baju hijab berpotongan asimetris masih terkesan edgy namun tidak lagi dihadirkan dengan warna dasar.

"‎Meccanism biasanya desainnya saya banget namun karena waktu tersita banyak untuk lahiran, kali ini Tasya yang desain. Sesuai dengan gayanya dia yang feminin dengan warna-warna calm. Akhirnya kita coba dengan warna feminin tapi tetap dengan cutting-an edgy," tambah ibu tiga anak itu.

Mengangkat tema Dessert Rose, Lyra Virna menutup parade busana yang dimeriahkan banyak artis sebagai model itu. Kebanyakan baju yang ditawarkan mantan pesinetron itu adalah gamis dengan hijab menutup dada hingga ke p‎erut. Pakaian syar'i berbagai warna itu dimeriahkan motif bunga hingga batik. Salah satu tampilan menarik adalah gamis dengan kerudung floral yang sekaligus dijadikan outerwear.

(ami/eny)