Hijarbie, Barbie Berhijab yang Populer di Instagram

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 09 Feb 2016 11:24 WIB
Foto: Instagram @hijarbie
Jakarta - Boneka Barbie saat ini tak hanya memiliki bentuk tubuh yang proporsional --langsing dan kurus-- tapi ada juga yang tinggi, petite, hingga berisi. Busana yang dikenakan boneka ikonik tersebut juga beraneka ragam, disesuaikan dengan profesi mereka.

Menambah keragaman rangkaian boneka Barbie yang populer di pasaran, kini hadir Hijarbie, Barbie berhijab yang menjadi viral. Berdasarkan foto-foto dari akun @hijarbie, ragam gaya boneka Barbie tampil mengenakan jilbab.

Tidak hanya satu kreasi jilbab tapi berbagai macam gaya dengan pilihan scarf yang berbeda-beda baik dari segi corak maupun materialnya. Bahkan dalam beberapa tampilan di akun Instagram dengan pengikut lebih dari 22 ribu itu, ada Barbie yang mengenakan inner agar lebih bervariasi.

Sementara untuk penampilan secara keseluruhan, Hijarbie memakai setelan rok atau gamis panjang yang dipadukan dengan aneka jenis outerwear. Siapakah di balik pencetus Barbie berhijab ini?

Baca juga: 50 Tas dan Sepatu Favorit Selebriti

Dia adalah Haneefah Adam, hijabers berusia 24 tahun asal Nigeria. Dilansir dari BuzzFeed, Haneefah bercerita kalau awal membuat Hijarbie hanya untuk mengembangkan kreativitasnya. Ia terinspirasi dari busana normal yang biasa dipakai hijabers setiap hari lalu dirancang untuk busana Barbie. Kemudian Haneefah berpikir mengapa tidak dibuatkan akun media sosial sendiri yang bisa menginspirasi wanita lain di luar sana.

"Aku ingin menginspirasi gadis-gadis muslim. Ini tentang memiliki boneka yang terlihat seperti dia, yang mewakili latar belakang budaya dan agamanya sendiri," tutur Haneefah.

Haneefah tak asal saja dalam mendadani boneka Barbie miliknya. Ia menciptakan busana yang terinspirasi dari beberapa fashion blogger seperti Eslimah dan Leena Asad. Haneefah berharap akun Barbie berhijab yang dicetuskannya ini bisa membuat wanita muslim lebih percaya dengan dirinya sendiri.

"Harapanku akun ini bisa memberikan dampak yang positif. Hijab berarti kesopanan dan itu identitasku. Ini mahkotaku dan hijab juga yang mewakili bagaimana aku ingin terlihat," tambah wanita berkulit hitam itu.

Ke depannya, Haneefah juga berencana akan menjual beragam busana hijab yang bisa dipakai untuk koleksi busana Barbie Anda. Tertarik? (ays/ays)