Kata Desainer, Warna Galaksi Akan Jadi Tren Hijab 2019

Silmia Putri - wolipop Selasa, 27 Nov 2018 10:22 WIB
Desainer Hannie hananto. Foto: Silmia Putri/Wolipop
Jakarta - Tahun 2018 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Berganti tahun biasanya diiringi oleh pergantian tren fashion, termasuk tren busana muslim. Sebagai negara mayoritas muslim, tren fashion hijab di Indonesia memiliki perputaran yang cukup cepat.

Menghadapi pergantian tahun, desainer populer Hannie Hananto membocorkan prediksi tren fashion busana muslim di 2019. Menurutnya, tema besar yang banyak dipakai adalah science fiction. Beberapa poin pentingnya adalah sebagai berikut.

1. Tren Warna Galaksi

Kata Desainer, Warna Galaksi Akan Jadi Tren Hijab 2019Tren warna galaksi untuk hijab di tahun 2019. Foto: NASA


"Warna pop art akan bergeser. Warna-warna galaksi, bintang, itu akan banyak dipakai misalnya warna silver, hitam, biru dongker, mungkin juga hologram. Arahnya lebih ke futuristik," tutur Hannie Hananto kepada Wolipop di sela acara launching MUFFEST 2019 di CGV Pasific Place Jakarta Selatan, Senin (26/11/2019).

Warna-warna dingin menurut Hannie akan lebih mendominasi di tahun 2019. Semesta akan memberikan banyak inspirasi kepada para desainer, tak hanya warna tapi mungkin juga bentuk dan siluet.

2. Cutting Tetap Sama

Kata Desainer, Warna Galaksi Akan Jadi Tren Hijab 2019Cutting busana muslim. Foto: Dok. KAMI

"Untuk busana muslim cutting tuh akan tetap sama. Nggak akan jauh-jauh dari tunik, dress, gitu kan. Tapi tekniknya mungkin akan berubah, akan ada teknik-teknik baru yang ditemukan," tutur desainer yang lekat dengan nuansa playful itu kepada Wolipop.

Dari tahun ke tahun, potongan busana muslim memang tidak berubah jauh. Potongan kaftan misalnya, meski tak selalu dipakai tapi akan ada momen tertentu di mana kaftan akan dipakai yaitu saat idul fitri.

3. Digital Printing Masih Tren

Kata Desainer, Warna Galaksi Akan Jadi Tren Hijab 2019Foto: Dok. Instagram/Tropisid


Selain itu, kain printing dan bercorak diperkirakan masih mewarnai tahun 2019. Tren ini dimulai di tahun 2017 dan makin menggaung tahun ini. Tak hanya hijab atau pattern scarf saja, tapi kain printing pada baju atau celana juga akan mewarnai tahun 2019. (sil/sil)