Tutorial Pakai Cadar Berbahan Voal Untuk Lebaran

Silmia Putri - wolipop Jumat, 08 Jun 2018 17:50 WIB
Tutorial memakai cadar untuk lebaran. Foto: Instagram/Taqiya_id Tutorial memakai cadar untuk lebaran. Foto: Instagram/Taqiya_id

Jakarta - Para muslimah memiliki aktivitas yang cukup padat saat Hari Raya Idul Fitri. Bersilaturahmi ke sanak saudara, berangkat ke beberapa rumah dalam sehari, memerlukan busana dan hijab yang nyaman dipakai.

Tak terkecuali untuk para wanita bercadar. Desainer Diana Nurliana menyampaikan pentingnya bahan berkualitas untuk cadar pada acara Taqiya Show Case di Twin House, Jakarta Selatan hari Kamis (07/06/2018).

Baca juga: Desainer Ini Buktikan Cadar Tetap Laris Walau Pernah Dipakai Teroris

"Niqab itu kalau bahannya terlalu tebal, kita susah bernafas. Makanya buat saya bahan itu nomor satu. Untuk niqab berwarna ini saya pakai bahan voal," tutur Diana kepada Wolipop.

Tutorial Pakai Cadar Berbahan Voal Untuk LebaranDesainer Diana Nurliana. Foto: Silmia Putri/Wolipop
Diana pun berencana memakai cadar berwarna ini untuk lebaran. Meski ia terbiasa memakai busana dan cadar berwarna hitam, ia akan mencoba tampil berwarna di Hari Raya untuk menghilangkan kesan 'cadar itu menyeramkan'.

Pada kesempatan itu, Diana pun memberikan tutorial memakai hijab voile segi empat yang dipadukan dengan cadar. Satu set hijab cadar besutan Diana terdiri dari tiga item, yaitu inner, cadar, dan khimar.

1. Memakai Inner
Inner atau ciput besutan Diana itu berbentuk bandana. Bedanya, bandana berbahan katun voal itu memiliki lebar yang cukup besar hingga menutupi bagian belakang kepala. Pemakaiannya sama dengan ciput bandana lainnya.

2. Memasangkan cadar
Cadar besutan Diana memiliki bahan voal yang breathable. Cara pemakaiannya yaitu dengan memasangkan karet cadar ke belakang kepala. Diana sengaja merancang cadar dengan simple agar tak membuat kepala pusing.

Baca juga: Tasya, Beauty Vlogger Indonesia Berniqab Sudah Khatam Dihujat Netizen

3. Memakai Hijab Segi Empat
Hijab segi empat dari Taqiya memiliki lebar yang berbeda dengan hijab voal lainnya. Lebaranya yaitu 150 x 150 cm sehingga bisa menutup punggung dan lengan. Pemakaiannya mirip dengan hijab segi empat pada umumnya.

Pertama, hijab dilipat menjadi segitiga lalu dikenakan di kepala. Kemudian satu sisi hijab ditarik ke sisi lainnya, melewati bagian belakang cadar. Rekatkan hijab di area sekitar telinga hingga merekat rapi dengan hijab dan ciput. Rapikan, dan selesai.

Tutorial Pakai Cadar Berbahan Voal Untuk LebaranTampilan Akhir Hijab Segi Empat Voile dengan Cadar. Foto: Silmia Putri/Wolipop

(sil/agm)