Foto: Inspirasi Gaun Pengantin Muslim 2016 dari 6 Desainer Indonesia

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 08 Apr 2016 09:10 WIB
Foto: Muhammad Abduh
Jakarta - Beberapa wanita muslim memilih menikah menggunakan gaun pengantin syar'i yang tidak memperlihatkan lekuk dada dan terlihat lebih sopan daripada memaksakan memakai kebaya. Melihat kebutuhan itu, para desainer busana muslim juga merilis koleksi gaun pengantin syar'i. Seperti halnya Ayu Dyah Andari, Irna Mutiara, hingga aktris cantik Oki Setiana Dewi yang baru terjun menjadi perancang gaun pengantin. Bagi hijabers yang sedang mempersiapkan pernikahannya, berikut enam inspirasi gaun pengantin muslim dari para desainer Indonesia.

1. Ayu Dyah Andari


Ayu Dyah Andari merupakan salah satu desainer hijab Indonesia yang merilis koleksi gaun pengantin muslim. Wanita dengan DNA rancangan bernuansa vintage dan pastel itu menawarkan gaun pengantin terbaru di 2016 yang didominasi palet off white. Gaun dalam potongan ball gown dengan taburan mutiara serta kristal Swarovski memberikan kesan mewah bak putri di era Victoria. Dalam koleksi bertajuk 'The White Roses' itu, Ayu juga mencirikan karyanya dengan detail bordir mawar putih di tengah dada.

Putih seolah menjadi warna yang timeless untuk gaun pengantin. Bagi Anda yang memiliki konsep klasik bak putri kerajaan, gaun pengantin muslim dari Ayu Dyah Andari bisa menjadi pilihan.

2. Irna Mutiara


Irna Mutiara populer sebagai desainer busana muslim syar'i sesuai penampilan sehari-harinya. Ia pun memiliki label untuk gaun pengantin syar'i bernama 'Irna La Perle'. Di 2016, Irna merilis koleksi gaun pengantin muslim terbaru yang dipamerkannya di Jakarta Fashion Week (JFW) 2016. Berbeda dengan koleksi sebelumnya, Irna merilis rancangan gaun pengantin syar'i dalam siluet kebaya namun potongannya tetap longgar serta mengikuti kaidah agama.

Lihat bagaimana wanita yang terjun menjadi desainer sejak 1996 itu memodifikasi potongan kebaya kartini serta kutu baru menjadi gaun pengantin yang syar'i bernuansa putih. Ia juga menambahkan kain biru tradisional sebagai aksen untuk melengkapi rancangan busananya. Veil dengan potongan pleats menyempurnakan karya dari desainer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber (IFC) itu. Koleksi gaun pengantin syar'i dari Irna bisa menjadi pilihan hijabers yang ingin tampil sederhana tapi elegan saat menikah.

3. Oki Setiana Dewi


Aktris cantik Oki Setiana Dewi juga mencoba terjun menjadi desainer gaun pengantin muslim. Presenter yang selalu tampil syar'i itu memamerkan rancangan gaun pengantin muslim perdananya di Indonesia Fashion Week (IFW) 2016. Mengusung tema 'Romantic Rhapsody', Oki tak hanya meluncurkan gaun pengantin bernuansa putih tapi juga yang berpalet dasar hijau mint, nude, biru muda, serta ungu pastel. Gaun berpotongan ball gown, A-line, dengan sentuhan draperi yang mewah bisa menjadi inspirasi Anda.

4. Anniesa Hasibuan


Anniesa Hasibuan merupakan desainer pendatang baru yang sudah pernah menampilkan karyanya di kancah internasional seperti London dan Amerika. Hijabers yang ingin tampil glamour di hari pernikahan bisa menggunakan karya Anniesa. Tak hanya warna putih, Anniesa juga melengkapi koleksinya menggunakan nuansa pastel. Potongan ruffle serta detail pada gaun ball gown yang dirilis membuat penampilan terlihat anggun sekaligus glamour. Belum ditambah taburan payet juga bordir di seluruh gaunnya.

5. Qonita Gholib


Rancangan gaun pengantin muslim karya desainer Qonita Gholib juga bisa menjadi pilihan hijabers yang sedang mempersiapkan pernikahan. Di 2016, Qonita memberikan taburan kristal Swarovski serta payet yang menjadi ornamen pelengkap kemewahan. gaunnya. Karya Qonita sudah dipamerkan di IFW 2016 pada Maret kemarin.

6. Rya Baraba


Konsep kemewahan juga ditawarkan desainer busana muslim Rya Baraba. Ia memamerkan koleksi gaun pengantin muslim yang kaya akan detail. Tidak hanya bernuansa putih, sentuhan peach juga bisa menjadi pilihan hijabers yang akan menikah tahun ini. Bila menyukai gaun yang struktural dan penuh detail, karya Rya Baraba bisa menjadi inspirasi. Detail bebatuan pada bagian dada membuat rancangannya tampak glamour. (aln/eny)