ADVERTISEMENT

Tips Tampil Nyaman dan Modis dengan Abaya

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 06 Apr 2016 13:30 WIB
Foto: ist
Jakarta - Meski merupakan busana tradisional wanita Arab, abaya juga bisa menjadi opsi busana bagi muslimah Indonesia yang ingin tampil maksimal. Entah itu saat jalan-jalan ke mal atau pergi ke resepsi pernikahan. Vivi Zubedi berbagi tipsnya.

Vivi hanyalah satu dari segelintir desainer Indonesia yang fokus mengangkat abaya dalam setiap karyanya.

Ia tidak menampik bahwa busana tradisional wanita Arab itu memang belum sepopuler kaftan atau gamis di kalangan muslimah Indonesia. Alasannya, abaya masih dianggap sebagai busana khusus umrah atau acara tertentu saja.

Tampilannya yang cenderung kaku, seperti terusan lurus biasa berwarna hitam polos, semakin membuat abaya kurang dilirik di sini.

"Padahal, abaya juga bisa dipakai buat berbagai kesempatan. Tinggal kita pilih model dan padu padannya yang pas," ujar desainer keturunan Irak-Yaman itu di acara peluncuran Zubedi, lini abaya ready to wear miliknya, di Hijab Dept, Selasa (5/4/2016).

Inilah yang desainer 29 tahun itu hadirkan di Zubedi, yakni pilihan abaya modis namun tetap sesuai pakem agar dapat relevan dengan selera mode muslimah masa kini, khususnya mereka yang berusia muda.  

Agar gaya muslimah terlihat maksimal dalam balutan abaya, Vivi punya kiat tersendiri. Apa saja?

1. Dalaman yang Nyaman
Menurut Vivi, kenyamanan menjadi kunci penentu bagi para muslimah yang ingin terlihat stylish saat berabaya. Dan itu dimulai dari pemilihan dalaman yang tepat. Berdasarkan pengalamannya, ia merasa kurang nyaman ketika abaya yang ia kenakan menjiplak tubuhnya karena ditiup angin. "Untuk menyiasatinya, pakai dalaman yang longgar supaya ketika ditiup angin tidak akan membentuk tubuh," katanya.

2. Pilih Gaya yang Sesuai
"Untuk gaya, saya kembalikan ke personal masing-masing," ujar desainer yang sempat memamerkan karyanya di London Fashion Week 2016 Februari lalu.

Ia menyarankan, para muslimah menyesuaikan abaya dengan acara yang akan dihadiri. Tidak boleh diabaikan pula, cermat dalam memadupadankan busana dengan aksesori pendukung. "Misal untuk kesempatan kasual, seperti ke mal, saya biasanya memadukan abaya dengan sneakers," katanya (dng/dng)