Intimate Interview

Cerita Hijrah Lindswell Kwok, Dulu Sempat Salah Paham tentang Islam

Silmia Putri - wolipop Senin, 13 Mei 2019 12:01 WIB
Cerita hijrah Lindswell Kwok. Foto: Ari Saputra Cerita hijrah Lindswell Kwok. Foto: Ari Saputra

Jakarta - Memutuskan untuk pindah agama dan memantapkan keyakinan tentu bukan hal yang mudah. Hal ini dirasakan oleh Lindswell Kwok, mantan atlet Wushu yang telah menyabet banyak prestasi di mancanegara.

Wanita yang kerap disebut Ratu Wushu Indonesia itu memutuskan untuk mencari tahun Islam pada tahun 2015. Awalnya ia tertarik melihat teman-temannya sesama atlet, yaitu Juwita Niza Wasni dan Achmad Hulaefi.

"Aku mulai cari tahu itu di 2015. Itu dari teman-teman. Itu pertama, karena bagaimana pun kita enggak akan mengenal kalau enggak ada perkenalan dari orang. Terus, dari sana nyari tahu sendiri," ungkap Lindswel Kwok kepada Wolipop, Jumat (10/5/2019) di kediamannya, di wilayah Tangerang.

Cerita Hijrah Lindswell Kwok, Dulu Sempat Salah Paham tentang IslamLindswell Kwok berbagi cerita hijrahnya. Foto: Ari Saputra


Lindswell mengaku awalnya bukan seseorang yang pro terhadap Islam. Tak jarang, ia mempertanyakan seperti apa sebenarnya agama Islam itu. Menurutnya, ada beberapa oknum yang membuatnya salah paham terhadap Islam.

"Awalnya juga aku, Islam itu apa sih? Aku dulu nggak 100% pro, kan ada orang yang 'oh semua agama itu sama'. Kalau aku mempertanyakan. Di Indonesia juga banyak oknum-oknum yang membuat Islam ini terlihat berbeda. Dulu aku mempertanyakan, kok gini sih Islam? Kaya gitu sempat dulu," kenang Lindswell.

Cerita Hijrah Lindswell Kwok, Dulu Sempat Salah Paham tentang IslamLindswell Kwok berjuang mengenal Islam. Foto: Ari Saputra

Setelah mempelajari Islam lebih banyak, Lindswell sadar bahwa Islam sangatlah indah. Islam merupakan agama yang memiliki pedoman lengkap, yakni Alquran.

"Sebenarnya Islam sudah lengkap, semuanya ada di Alquran. Panduan hidup kita. Jadi kita enggak usah pusing lagi, nyari-nyari, semuanya harus gimana ya. Semuanya ada di situ, sudah lengkap," tuturnya.

Lindswell juga terketuk hatinya saat melihat Niza, sahabat atletnya beribadah salat. Wanita kelahiran 1991 itu melihat bagaimana salat bisa menjadi tempat mengadu bagi kaum muslim.

"Nah, pas lihat Niza sholat itu, 'enak yah salat kayak ada tempat ngadu, abis salat tenang lagi, bebannya berkurang'," tutur Lindswell.

Cerita Hijrah Lindswell Kwok, Dulu Sempat Salah Paham tentang IslamLindswel Kwok meraih medali emas pada Asian Games 2018. Foto: Ari Saputra

Melalui pemikiran dan pertimbangan yang mendalam, Lidnswell pun akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. Namun, ia dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar, hingga akhirnya memutuskan untuk menyembunyikan identitas agamanya. Tak hanya kepada keluarganya, tapi juga kepada pelatihnya.

Lindswell harus sembunyi-sembunyi ketika melakukan salat. Begitupun ketika melakukan puasa Ramadan. Saat latihan, tidak ada yang tahu dirinya sedang berpuasa. Lindswell pun harus berlatih seperti atlet lainnya yang tidak berpuasa.


"Tapi kendala paling besar memang di keluarga. Ulai udah ngomong, kamu yakin nggak nih? Kamu harus dari diri kamu ya, bukan karena aku. Karena ini pasti berat, enggak akan mudah. Kamu sanggup apa enggak? Jangan kamu nanti, udah jadi muslim, karena kamu nggak serius, kamu pindah lagi. Jangan dimainin, jangan pindah-pindah," kenang Lindswell.

Wanita berdarah Medan ini sangat takut membuat ibunya sedih. Apalagi sebagai anak terakhir, ia sangat dekat ibu dan ayahnya. Hal itu pula yang membuatnya memutuskan untuk sembunyi-sembunyi, karena takut menyakiti hati ibunya.

Proses tersebut dipersulit dengan komentar negatif yang 'banjir' dari netizen. Menurut Lindswell, banyak orang yang tahu cerita sepotong saja, tapi sudah menghakimi keadaannya. Hal itu tak hanya membuat dirinya sempat terpuruk, tapi juga membuat mamanya sedih.

"Sedihnya itu karena efeknya itu ke keluarga aku, ke mama aku. Jadi dia ngerasa 'aku nggak kenal sama anak aku', 'anak aku dikatain kaya gini'. Dia belum bisa menerima aku, tapi nggak menerima kata-kata orang. Jadi sedihnya di situ," tutur Lindswell.

Sempat perang dingin dengan keluarga, kini Lindswell mengaku sudah berkomunikasi baik dengan mamanya. Hatinya sudah lebih lega. Keluarga Hulaefi, suaminya juga sangat mendukungnya untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga Lindswell di Medan.


Ratu Wushu Lindswell Kwok Kini Berhijab:

[Gambas:Video 20detik]


Cerita Hijrah Lindswell Kwok, Dulu Sempat Salah Paham tentang Islam



(sil/sil)