ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Kesalahan dalam Hidup agar Bisa Cepat Move On

Sponsored - wolipop Jumat, 17 Mar 2023 13:57 WIB
Ilustrasi Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Manusia tentu tidak akan luput dari kesalahan. Namun, di satu sisi harus disadari Anda tidak bisa terus-terusan luput dalam kondisi tersebut.

Maka dari itu, sudah seharusnya bangkit dan mulai mencari cara untuk bisa lepas dari berbagai kesalahan yang pernah dilakukan. Tentu kesalahan tidak hanya datang dari hubungan, tapi juga dari berbagai aspek dalam hidup seperti pekerjaan, rumah tangga, atau pertemanan. Kesalahan juga pada akhirnya akan membuat seseorang yang menyadarinya merasa bersalah dan ingin menebusnya. Namun pada nyatanya tekad untuk mengatasi kesalahan tersebut gak semudah dengan apa yang dikatakan banyak orang.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk sembuh dari kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat. Berikut ulasan cara ampuh move on dari kesalahan.

Belajar Meminta Maaf kepada Diri Sendiri

Memaafkan orang lain terdengar lebih mudah daripada memaafkan diri sendiri. Hal Ini dirasa sulit karena Anda perlu membutuhkan ruang tersendiri untuk merenungkan dan memberikan empati terhadap kesalahan yang diperbuat. Sulitnya untuk memaafkan sendiri itu muncul karena banyaknya penyangkalan dan emosi negatif atas rasa bersalah. Namun, tentu Anda harus tetap mengakui kesalahan agar bisa hidup lebih bahagia dan tanpa beban yang dipikirkan.

Beberapa cara di antaranya yaitu dengan harus lebih terbuka dan jujur terhadap diri sendiri. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apapun kesalahan yang pernah kita perbuat dan tidak mengabaikannya sedikitpun.

Menganggap Kesalahan Sebagai Motivasi
"All men make mistakes, but only wise men learn from their mistakes." - Winston Churchill

Mengambil quotes di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang yang bijak akan belajar dari kesalahannya. Nah, apakah Anda merupakan salah satu di antaranya?

Ketika mendapati diri diteror oleh berbagai pikiran tentang kesalahan yang sedang dihadapi, tentu Anda akan kehilangan kesempatan untuk hidup dengan lebih produktif. Nah, yang perlu Anda ubah jika berada dalam kondisi ini adalah dengan menentukan pola pikir terhadap suatu kesalahan.

Salah satu pola pikir yang bisa diterapkan adalah menganggap kesalahan sebagai suatu motivasi diri. Jika Anda menganggap kesalahan sebagai alat pembelajaran, tentu Anda juga akan lebih bisa termotivasi untuk bisa lebih baik lagi di masa depan.

Menghindari Rasa Takut Kembali Berbuat Kesalahan

Banyak orang berusaha keras untuk menghindari pengalaman yang berpotensi kepada kesalahan. Hal ini terjadi karena seseorang bisa jadi mempunyai pengalaman gak mengenakan di masa lalu. Salah satu contohnya seperti pernah melihat seseorang yang gagal dan dihujat oleh sekitarnya karena kesalahannya.

Hal ini juga akan membuat Anda untuk ingin tampil sempurna tanpa mengalami sedikit pun kesalahan. Rasa takut membuat kesalahan gak hanya berdampak pada hubungan pribadi, tetapi juga pekerjaan, karier, dan apa pun yang mungkin merupakan keputusan yang kurang penting dalam hidup.

Tapi jangan takut, ada pepatah yang bilang "Satu pintu tertutup, maka pintu lain akan senantiasa terbuka." Artinya, jika pernah melakukan kesalahan pada satu hal, Anda perlu mencari kesempatan untuk bisa membuka peluang baru di lain waktu.

Tulis Semua Kesalahan dan Solusi yang Akan Kamu Buat

Kesalahan adalah sebuah peristiwa yang manfaat penuhnya sering belum disadari. Dari kesalahan, sebenarnya banyak sekali hal di belakangnya yang dapat dijadikan alat perbaikan diri. Bahkan tanpa adanya pengalaman atas kesalahan, bagaimana cara Anda untuk mengetahui apa yang kita harus kerjakan untuk bisa lebih baik?

Berikut ini beberapa tips agar bisa mengambil hikmah dari berbagai kesalahan. Hal Yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui satu per satu kesalahan yang pernah diperbuat di masa lalu. Setelahnya, Anda perlu mencatat dan kemudian buatlah solusi dari setiap kesalahan yang pernah dilakukan.

Memperhatikan Kebutuhan Fisik dan Mental

Rasa bersalah berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan mental dan fisik. Hal ini terjadi jika kesalahan yang dibuat memungkinkan Anda untuk menjadi lebih overthinking dan menguras energi.

Cara yang bisa dilakukan agar kondisi tetap baik adalah dengan membebaskan diri dari rasa takut. Caranya bisa dengan berbagai cara, seperti mulai berhenti memikirkan sesuatu yang gak masuk akal, juga mulai menyusun tujuan hidup yang lebih matang untuk masa depan.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda selesai dari berbagai kesalahan yang sedang dialami saat ini. Tapi jika masih bingung karena belum dapat cara yang pas untuk keluar dari kesalahan tersebut, Anda bisa mencoba mentoring dengan jasa konsul online.

Di jasa konsul online, Anda bisa melakukan layanan konsultasi yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah dan memberikan solusi terbaik untuk ke depannya.

(Content Promotion/Buddin Agency)