ADVERTISEMENT

11 Ciri-ciri Orang Hamil Minggu Pertama, Kembung hingga Hidung Tersumbat

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 25 Des 2022 11:04 WIB
Ciri-ciri orang hamil minggu pertama. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes Ciri-ciri orang hamil minggu pertama. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Sudah telat haid tapi belum positif hamil? Mari pahami ciri-ciri orang hamil minggu pertama.

Mungkin kamu baru telat haid satu atau dua hari kemudian mencoba menggunakan alat tes kehamilan tapi masih negatif. Kamu ragu dan bertanya-tanya, bagaimana ciri-ciri orang hamil?

Ciri-ciri orang hamil minggu pertama memang seperti mengalami premenstrual syndrome (PMS). Hal ini menimbulkan perasaan gelisah dan bisa menyebabkan rasa cemas tersendiri.

Bagaimana ya ciri-ciri orang hamil minggu pertama? Mengutip dari Mayo Clinic, berikut ragam ciri-ciri orang hamil minggu pertama yang bisa kamu pahami:

1. Telat haid

Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah terlambat menstruasi. Namun terkadang telat haid saja tidak membuktikan bahwa kamu hamil.

Alat tes kehamilan bisa menjadi pilihan. Meski demikian, kamu dianjurkan melakukan tes kehamilan setelah telat haid 10 hari sampai 2 minggu agar hasilnya akurat.

2. Payudara bengkak dan terasa lembut

Di awal kehamilan, perubahan hormonal mungkin membuat payudaramu sensitif dan nyeri. Jika ini tanda PMS maka akan hilang setelah menstruasi datang.

Berbeda bila sebagai ciri-ciri orang hamil maka akan menimbulkan ketidaknyamanan selama minggu pertama. Ketidaknyamanan tersebut kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.

3. Mual

Setelah telat haid dan payudara bengkak, apa kamu juga merasa mual? Ini bisa disebut morning sickness yang menjadi ciri-ciri orang hamil minggu pertama. Meski disebut morning sickness namun mual bisa terjadi kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam.

4. Sering buang air kecil

Mengalami ciri-ciri orang hamil dari poin satu sampai tiga kemudian lebih sering buang air kecil? Ini bisa menjadi tanda kamu benar hamil walaupun belum tes kehamilan.

Peningkatan frekuensi buang air kecil saat minggu pertama terjadi karena jumlah darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan. Yang kemudian ginjal memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemihmu.

5. Mudah lelah

Kelelahan juga menduduki peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab tubuh mudah lelah saat hamil trimester pertama.

Kemungkinan karena peningkatan kadar hormon progesteron yang cepat selama awal kehamilan memang dapat menyebabkan kelelahan.

Ciri-ciri orang hamil minggu pertama, emosional, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2