ADVERTISEMENT

Cara Membuat Salad Sayur untuk Diet

Hestianingsih - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 15:36 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/Minerva Studio Foto: Getty Images/iStockphoto/Minerva Studio
Jakarta -

Salad sayur merupakan salah satu pilihan menu untuk diet sehat. Makanan berbasis nabati ini kaya akan serat, vitamin, mineral, serta rendah karbohidrat.

Namun salad sayur untuk diet justru bisa mengandung kalori dan lemak tinggi apabila kombinasinya tidak tepat. Misalnya terlalu banyak dressing dengan kadar gula dan garam yang tinggi atau krim serta susu tinggi lemak. Niat untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan malah bisa jadi tumpukan kalori berlebih yang berdampak buruk bagi tubuh.

Lantas bagaimana cara membuat salad sayur untuk diet?

Salad sayur yang sehat dan membantu penurunan berat badan harus memiliki setidaknya empat komponen. Pertama adalah protein sebagai bahan pembentuk otot, membantu pembakaran lemak dan membangun sel-sel pemulihan yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Komponen kedua adalah makanan kaya serat yang bisa berasal dari sayur, buah dan biji-bijian. Makanan mengandung serat tinggi memberi efek perut terasa kenyang lebih lama. Konsumsi serat tak larut bahkan bisa mengurangi penyerapan kalori dalam tubuh.

10 Resep Salad Buah dan Sayur yang Segar EnakIlustrasi salad sayur. Foto: iStock/detikfood

Ketiga adalah karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, edamame, ubi atau labu panggang. Selain memberi tambahan energi, karbohidrat juga menambah volume dan rasa pada makanan.

Komponen keempat adalah lemak yang berguna untuk mengenyangkan dan memberi rasa lezat pada salad. Selain itu lemak sehat merupakan makronutrien yang punya banyak kegunaan.

Lemak sehat membantu penyerapan vitamin larut minyak dalam tubuh. Selain itu juga menyehatkan rambut, kulit serta kuku juga mengatur metabolisme dan sistem reproduksi.

Selanjutnya
Halaman
1 2