5 Pilihan Menu Makan Sahur yang Sehat Agar Kuat Puasa Seharian

Hestianingsih - wolipop Jumat, 15 Apr 2022 03:30 WIB
Hukum Makan Sahur dan Puasa tapi Belum Mandi Wajib Foto: iStock
Jakarta -

Ibadah puasa lancar juga harus didukung dengan menu makan sahur yang sehat. Asupan nutrisi yang lengkap saat sahur bisa memenuhi kebutuhan energi seharian agar tubuh tidak lemas dan ngantuk saat berpuasa.

Oleh karena itu menu makan sahur yang sehat haruslah mengandung setidaknya lima unsur seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Selain itu kebutuhan cairan juga harus terpenuhi dengan minum delapan gelas air sehari.

Seperti apa menu makan sahur yang sehat? Ini beberapa pilihannya.

1. Omelette Isi Sayuran

Fluffy breakfast omelette with green spring onions and fresh toast bread on a wooden surface with a napkin and metal forkFoto: iStock

Telur bisa jadi pilihan menu makan sahur yang sehat karena kaya akan protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Makan sahur dengan telur akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena tubuh perlu waktu perlahan untuk mencerna protein.

Kamu bisa membuat omelette berisi sayuran dan disantap bersama roti gandum atau dibuat telur orak-arik sebagai lauk nasi. Alternatif menu sahur lainnya adalah rebus telur sampai matang dan jadikan campuran salad sayuran.

2. Bubur Oatmeal Pisang

7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap HariFoto: iStock

Bubur oatmeal cocok jadi menu makan sahur yang sehat karena tak hanya mengandung karbohidrat kompleks tapi juga kaya protein. Kamu bisa membuat bubur oatmeal padat gizi dengan mencampurkan pisang dan susu, lalu diblender sampai halus. Selai bernutrisi tinggi, smoothie oatmeal juga bisa jadi menu sahur praktis untuk kamu, yang tak punya banyak waktu memasak.

Kamu juga bisa membuat bubur oatmeal untuk makan sahur. Bisa dicampurkan dengan kaldu dan suwiran ayam jika lebih suka makanan asin, atau digabungkan dengan buah seperti pisang atau stroberi.

3. Sup Ikan

Sop Ikan or Fish Soup is a traditional food from IndonesiaFoto: Getty Images/iStockphoto/jim_akay

Ikan kaya akan protein dan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Maka dari itu ikan juga bisa kamu masukkan dalam menu makan sahur. Tapi sebaiknya jangan masak ikan dengan cara digoreng karena akan membuat kamu cepat merasa haus. Olah ikan dengan dimasak menjadi sup yang diberi campuran sayur. Bisa juga dengan dikukus, tim, atau pepes.

4. Dada Ayam Panggang

grilled chicken breast with green salad and french fries on a black plate.Foto: Getty Images/iStockphoto/gkrphoto

Ayam kaya akan protein dan mengenyangkan. Seperti dikutip dari NDTV, ayam juga bisa menyediakan energi yang cukup selama seharian berpuasa. Dada ayam akan memberi rasa kenyang lebih lama ketimbang paha atau sayap.

Nikmati ayam dengan cara dipanggang untuk mempertahankan nutrisinya. Kamu bisa menyantapnya bersama potongan sayuran rebus seperti kentang, wortel, buncis dan jagung.

5. Sayur dan Buah

Healthy food clean eating selection: Vegetables, fruits, nuts, berries and mushrooms, parsley, spices. On a black background. Free space for text. Foto: iStock

Jangan lewatkan sayur dan buah sebagai menu makan sahur yang sehat. Kaya akan serat, vitamin dan mineral, sayur dan buah penting agar level energi kamu tetap terjaga dan membantu menahan haus serta lapar.

Beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk makan sahur adalah semangka, melon, jeruk, dan pisang. Sementara sayuran disarankan ketimun, sawi, bayam dan seledri yang memiliki banyak kandungan air.



Simak Video "Tren Jilbab di Pasar Tanah Abang yang Diburu Warga Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)