Susu Kentang Jadi Tren Kesehatan Terbaru, Ini Kandungan Nutrisinya

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 12 Feb 2022 08:00 WIB
Susu kentang dari DUG. Susu kentang dari DUG. Foto: Dok. DUG
Jakarta -

Ada banyak susu berbahan dasar nabati sebagai substitusi susu sapi bagi mereka yang intoleransi laktosa, alergi protein susu atau menjalani gaya hidup vegan. Setelah susu kedelai, susu almond dan susu oat, kini muncul satu lagi alternatif yang sedang tren, yakni susu kentang.

Beberapa minggu belakangan ini muncul tren di dunia kesehatan untuk mengonsumsi susu kentang. Adalah DUG, brand asal Swedia, yang pertama kali mengedarkan susu kentang dalam kemasan dan kini dipasarkan di Inggris.

Susu kentang diklaim memiliki rasa creamy yang lezat dan sangat cocok dipadukan dengan kopi untuk membuat cafe latte atau cappuccino. Susu kentang versi buatan DUG diberi tambahan bahan lain seperti protein kacang polong, serat dari sawi putih, minyak rapeseed, friktosa, sukrosa, perasa alami dan tambahan kalsium serta vitamin.

Susu kentang dari DUG.Susu kentang dari DUG. Foto: Dok. DUG

Popularitas susu kentang menanjak karena proses pembuatannya dinilai lebih ramah lingkungan. Menanam kentang tidak memerlukan banyak lahan dan lebih efisien ketimbang gandum. Selain itu kentang tidak memerlukan banyak air dan bisa menghasilkan panen yang lebih baik ketimbang tanaman lain.

Namun dilihat dari sisi nutrisi, kandungan protein pada susu kentang masih jauh di bawah susu berbahan nabati lainnya seperti susu kedelai atau susu oat. Dalam 100 ml susu kentang hanya mengandung satu gram protein, berbeda dengan susu kedelai yang mencapai delapan gram dan susu oat tiga gram.

Oleh karena itu susu kentang tidak terlalu cocok dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Perlu tambahan protein dari sumber lainnya, misalnya tempe atau tahu, kacang-kacangan atau sayuran lain yang tinggi protein.

Namun menurut analis pemasaran, susu kentang sangat berpotensi menggeser susu oat sebagai produk alternatif susu yang lebih ramah lingkungan. Selain itu meskipun rendah protein, susu kentang tetap 'mengantongi' berbagai nutrisi lainnya.

Menurut pakar nutrisi Keri Gans, R.D.N., berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 ml susu kentang, seperti dikutip dari Prevention:

Kalori: 39 kalori
Lemak: 3 gram
Karbohidrat: 1,3 gram
Serat: 0,1 gram
Protein: 1,3 gram
Kalsium: 120 mg
Vitamin D: 0.75 μg
Vitamin B12: 0.38 μg



Simak Video "Marvel Studios Exhibition Pamerkan Sejumlah Karakter Gagah Marvel"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)