5 Cara Bangun Mental Positif agar Lebih Pede dengan Penampilan Badan

Erika Dyah - wolipop Sabtu, 25 Des 2021 14:47 WIB
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Insecurity atau kecemasan akan body image dialami oleh banyak orang, termasuk para perempuan. Hal ini bisa berasal dari pikiran sendiri, maupun tekanan orang di sekitar yang membuat mental breakdown.

Hal ini juga bisa diperparah dengan kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian dan membuat kita stres. Perubahan tak terduga selama pandemi tak jarang berpengaruh pada bagaimana kita memandang diri sendiri, termasuk bagaimana kita menilai bentuk badan yang terkadang bikin krisis kepercayaan diri (PD) muncul.

Untuk mengusir kecemasan dan krisis percaya diri akan body image dan melihat citra tubuh dengan positif, kamu bisa mulai melatih mental dengan 5 cara yang dilansir dari Cleveland Clinic dan University of Colorado berikut ini.

1. Apresiasi Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri mungkin bisa terlihat aneh, tapi tak ada salahnya untuk coba berbicara dengan diri sendiri dan mengapresiasi dirimu dengan lebih baik. Dengan coba mengapresiasi diri, kamu bisa mengenali dan menghargai hal-hal menakjubkan yang badanmu miliki terlepas dari bagaimana bentuk dan rupanya yang bikin kamu cemas. Misalnya, apresiasi tubuhmu yang masih dapat diajak bekerja dengan sehat tanpa kekurangan satu hal apapun.

2. Jangan Takut Lihat Cermin

Insecure bikin kamu jadi takut bercermin? Jangan lagi. Semakin kamu takut, justru pikiran tidak menyenangkan tentang penampilan bisa makin menghantui. Cobalah untuk tidak menghiraukan rasa takut yang ada dengan menghadapi kecemasanmu, sembari mengenali kekurangan apa saja yang dimiliki untuk mengubahnya jadi lebih baik.

3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Perasaan cemas akan bentuk badan bisa jadi muncul saat membandingkan penampilanmu dengan orang lain. Alih-alih membandingkan diri dan membuat cemas, kamu bisa mencoba latih mental untuk mengagumi orang lain secara objektif dan mencari cara agar bisa mencapai kualitas penampilan yang kamu dambakan dari orang lain agar perasaan jadi lebih baik.

4. Latih Afirmasi Positif

Merasa lebih sering kritik bentuk badan daripada memujinya? Coba kurangi kebiasaan negatif tersebut dengan melatih afirmasi positif akan tubuhmu. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan cara sederhana, misal dengan mencatatkan aspek positif terkait penampilan dan badanmu, seperti 'Saya senang menjadi diri sendiri' 'Penampilan tidak menentukan nilai saya', dan lain sebagainya. Letakkan catatan tersebut di depan cermin atau sekitar kamarmu agar dapat selalu diingat.

5. Berbaur dengan Orang-orang Positif

Lingkungan yang positif bisa jadi bantuan besar untuk atasi krisis PD akan penampilanmu. Dengan berbaur bersama orang-orang yang memiliki pikiran positif, kamu bisa mendapatkan dukungan baik untuk melatih mental agar tak lagi cemas akan bentuk tubuh. Luangkanlah waktu untuk berkumpul dan menghabiskan waktu dengan orang terdekat yang memiliki pikiran positif dan tak suka mencela agr kamu bisa merasa nyaman tampil apa adanya.

Dengan dikelilingi oleh orang-orang yang positif, kamu juga bisa terhindar dari pengalaman buruk yang pernah dirasakan oleh Publik Figur sekaligus Atlet Under Armour, Sabrina Chairunnisa. Sabrina menceritakan, ia pernah mengalami serangan bullying dari netizen yang salah satunya menyoroti perihal penampilan dirinya.

Namun, Sabrina mengaku hal tersebut tak membuatnya larut dalam keterpurukan dan justru membuatnya menemukan cara tepat untuk bangkit kembali melalui latihan kebugaran yang membuat tubuhnya jauh lebih sehat, bugar, dan ceria. Hal inilah yang disebutnya sebagai kekuatan mental untuk atasi krisis akan penampilan.

"Kalau dilihat sih cukup sadis, bullying dari netizen, penyerangan bisa berulang-ulang dan sebagai public figure itu risikonya. Tapi saya benar-benar bisa dan bangkit di atas itu semua dengan menunjukkan kekuatan mental saya," ungkap Sabrina dalam keterangan tertulis.

Kekuatan mental yang menjadi dorongan Sabrina untuk bangkit ini juga tengah digaungkan oleh Under Armour melalui kampanye The Only Way is Through (TOWIT). Lewat kampanye ini, Under Armour menekankan bahwa kekuatan mental bisa menjadi faktor pendorong bagi seseorang untuk menjadi lebih baik.

TOWIT merupakan kampanye tahunan dari Under Armour yang tahun ini mengambil tema mental. Nantinya, kampanye ini meliputi beberapa kegiatan yang berkaitan dengan kekuatan mental dan akan berkolaborasi dengan beberapa pusat kebugaran di Jakarta untuk kelas khusus terkait melatih kekuatan mental.

Selain itu, nantinya seluruh Atlet UA akan secara pribadi aktif berbagi di media sosial mereka mengenai latihan untuk kekuatan mental dengan hashtag khusus untuk kampanye ini.



Simak Video "Target Kesehatan Mental di Indonesia: ODGJ Berat Dapatkan Pelayanan "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)