5 Diet Terbaik di 2021, Mediterania sampai Mayo Clinic

Hestianingsih - wolipop Rabu, 15 Des 2021 06:54 WIB
Female And Her Salad Choice Ilustrasi diet terbaik di 2021. Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Mendekati penghujung 2021, diet apa yang sudah kamu lakukan untuk dapatkan tubuh sehat dan ideal sepanjang tahun ini? Ada diet yang dianggap diet terbaik di 2021 karena membuat tubuh ramping dengan cara sehat. Apa saja?

US News and World Report baru saja merilis daftar Diet Terbaik 2021 yang direkomendasikan sejumlah ahli kesehatan dan nutrisi. Mereka mengevaluasi metode diet populer berdasarkan keamanan, mudah atau tidak untuk diikuti, nilai nutrisi dan efektivitas dalam menurunkan berat badan.

Selain itu Diet Terbaik di 2021 juga harus memerhatikan faktor kesehatan lain. Yakni dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung. Ini lima diet terbaik di 2021 menurut panel para ahli nutrisi.

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania dinyatakan sebagai diet terbaik di 2021 untuk pola makan sehat, diet terbaik berbasis sayur-sayuran, diet terbaik untuk penderita diabetes dan diet yang paling mudah diikuti.

Diet yang terinspirasi oleh gaya hidup orang-orang yang tinggal di cekungan Mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol ini memiliki konsep hanya mengonsumsi bahan makanan alami dan menghindari semua nutrisi buatan. Metode ini mengharuskan kamu mengonsumsi whole food dan menghindari produk makanan olahan.

Whole food adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar. Bukan produk dalam kemasan maupun yang dibekukan. Misalnya saja jus yang terbuat dari sayur dan buah segar yang diblender, bukan yang sudah siap saji dalam kemasan kotak atau botolan.

Dituturkan oleh penulis 'Lose: A Complete Guide to Weight Loss for Runners' Pamela Nisevich Bede, diet Mediterania merupakan pola makan yang banyak memasukkan sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan dalam menu harian. Semua bahan makanan tersebut kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang tak hanya baik bagi kesehatan secara keseluruhan, terutama jantung, juga bisa membantu mencegah gangguan kesehatan mental seperti depresi.

2. DASH Diet

Diet terbaik di 2021 selanjutnya adalah DASH. Diet ini mengharuskan pengikutnya untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, ayam, gandum utuh serta lemak sehat yang ramah bagi jantung.

Diet ini membolehkan konsumsi susu namun hanya yang rendah lemak atau bebas lemak. Sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur bersama makanan kaya protein agar perut terasa kenyang lebih lama.

DASH Diet membantu penurunan berat badan secara perlahan dan bertahap. Pola makan ini bisa mengurangi berat badan sebanyak 3,6 kg dalam dua bulan. Memang tidak terlalu signifikan, tapi menjalani diet ini paling bagus untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida merupakan jenis lemak dalam darah dan merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi, lalu masuk ke tubuh serta terbentuk di hati. Jika jumlahnya berlebihan, berisiko menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Diet Flexitarian

Nama flexitarian berasal dari kata "flexible" dan "vegetarian." Diet ini menganjurkan pelakunya makan lebih sedikit daging, lalu menambahkan makanan tinggi protein seperti tahu, telur, dan kacang.

Ide dari munculnya flexitarian adalah seseorang bisa merasakan manfaat sehat dari menjadi vegetarian namun tetap bisa menikmati steak atau burger sesekali. Sifat fleksibel inilah yang dinilai para pakar membuat banyak orang bisa menjalankan pola makan sehat lebih lama.

Flexitarian dianggap lebih fleksibel dibandingkan vegatarian atau vegan. Tren diet ini diciptakan oleh ahli diet Dawn Jackson Blatner untuk membantu orang menuai manfaat dari makan vegetarian sambil tetap menikmati produk hewani secara moderat.

4. Diet Mayo Clinic

Ada dua konsep utama dari diet Mayo Clinic, "Lose It!" dan "Live It!". Konsep pertama mengatur kebiasaan makan seseorang untuk tidak ngemil sambil nonton TV atau tidak ngemil selain buah atau sayur.

Sementara konsep kedua lebih pada mengatur pola makan jadi lebih sehat. Yang harus banyak dikonsumsi adalah ragam buah, sayur, kacang, dan lemak sehat. Diet ini disebut-sebut sangat aman dan bernutrisi tinggi.

5. Diet Weight Watcher

Diet Terbaik di 2021 terakhir adalah diet Weight Watcher. Program diet ini memungkinkan pelakunya untuk makan apa saja yang tengah diinginkan. Diet ini disukai karena tidak membuat stress akibat aturan makannya.

Prinsipnya, tiap makanan dan minuman akan diberi poin berdasarkan nilai gizinya. Nantinya poin-poin itu akan dipantau lebih lanjut.



Simak Video "Pangeran Harry Takut Bawa Anak-anaknya ke Inggris, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya