Ngemil Penting bagi Tumbuh Kembang Anak, Asal...

Angga Laraspati - wolipop Selasa, 30 Nov 2021 07:12 WIB
Ilustrasi anak ngemil Foto: Shutterstock
Jakarta -

Anak-anak mungkin acapkali meminta camilan di sela-sela waktunya. Meski begitu, ngemil terkadang diasumsikan dengan sesuatu hal yang negatif terutama dalam kaitannya dengan kelebihan gula atau kalori, benarkah?

Faktanya dilansir dari Wholekids, makanan ringan dapat menjadi bagian penting dari diet anak terutama karena perut mereka bisa terlalu kecil untuk mendapatkan semua kebutuhan energi mereka dari waktu makan saja.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, juga menemukan makanan ringan juga mampu membentuk 28% dari total asupan energi harian anak Australia. Ngemil juga berkontribusi 12% dari total asupan energi harian.

Sementara itu, dikutip dari New York Times, seorang terapis makanan di University of Texas Dallas Callier Center Jenny McGlothlin menyarankan para orang tua untuk lebih mengatur pemberian camilan agar anak-anak tidak melulu memintanya.

Orang tua bisa menaruh satu buah permen yang disajikan di samping segelas susu atau langsung ditaburkan di atas roti panggang. Atau para orang tua juga bisa membuat sistem reward and punishment yang hadiahnya berupa camilan favorit anak-anak.

Dari sumber berbeda yaitu eatright.org ada beberapa strategi yang bisa orang tua lakukan untuk membuat anaknya pintar dalam mengemil. Pertama yaitu mengatur jumlah camilan yang dikonsumsi sesuai dengan usianya.

Kedua yaitu menawarkan makanan ringan pada waktu yang dapat diprediksi seperti ketika anak-anak selesai sekolah atau selesai berolahraga. Kemudian pastikan tidak memberikannya camilan dekat dengan waktu makan.

Selanjutnya yaitu menawarkan makanan yang padat nutrisi untuk meningkatkan asupan nutrisi anak. Berikutnya cobalah untuk membuat camilan sehat seperti buah dan sayuran terlihat lebih lezat, bisa dengan menaruhnya ketika masih segar di atas meja atau mendinginkan camilan sayuran di lemari es.

Para orang tua juga bisa memberikan beberapa camilan sehat lainnya seperti kacang-kacangan, keju, irisan buah pir, yogurt, kismis hingga camilan sehat lainnya. Tentu selain nutrisi anak-anak terlengkapi, anak-anak juga tetap mendapatkan manfaat dari camilan sehat tersebut.

Untuk pilihan camilan sehat lainnya, orang tua juga bisa memberikan makanan ringan yang bisa mengenyangkan anak-anak dan salah satunya adalah Sarimi Gelas. Sarimi Gelas bisa menjadi pilihan camilan yang pas untuk anak-anak.

Sarimi Gelas terdiri dari lima varian rasa: Ayam Bawang, Baso Sapi, Sosis, Soto Ayam dan Kari Ayam. Sarimi Gelas juga merupakan satu-satunya mie dalam gelas yang semua rasa dilengkapi sosis. Sarimi Gelas juga tanpa pengawet, jadi aman dikonsumsi anak-anak. Cara membuatnya juga praktis dan cepat.

Jadi, tak perlu ragu untuk memberikan anak camilan setiap hari. Daripada jajan di luar, lebih baik sediakan Sarimi Gelas di rumah.



Simak Video "Yuk Mulai Hitung-hitung Kadar Kalori Camilan yang Baik Buat Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)