Cara Diet untuk Langsing Tapi Tetap Bisa Makan Dessert

Hestianingsih - wolipop Jumat, 19 Nov 2021 19:30 WIB
Raspberry Panna cotta with raspberry jelly, Italian dessert, homemade cuisine. Copy space. Ilustrasi dessert. Foto: Getty Images
Jakarta -

Dessert atau makanan penutup biasanya dihindari mereka yang sedang diet untuk langsing karena bisa membuat gemuk. Anggapan itu tidak salah, sebab dessert seperti cake, pudding dan es krim biasanya mengandung gula cukup tinggi, belum lagi susu dan krim yang kaya lemak.

Seperti diketahui, terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari kegemukan hingga diabetes. Terlebih lagi bagi yang ingin menurunkan berat badan, makanan manis bergula tentu menjadi hal 'terlarang' untuk dikonsumsi.

Namun sebenarnya mengudap dessert setelah makan besar tidak mutlak dilarang asalkan diperhatikan waktu saat menikmatinya. Lantas, bagaimana cara diet agar bisa tetap makan dessert tanpa mengganggu program penurunan berat badan?

Pilih Waktu Makan Dessert yang Tepat

Pakar nutrisi dan instruktur kesehatan Kristy Rao mengatakan waktu terbaik untuk menikmati dessert adalah setelah makan siang. Dia pun menuturkan alasannya.

"Kalau Anda makan di siang hari, tubuh akan punya kesempatan lebih banyak untuk membakar kalori sepanjang hari. Tapi jika dimakan tepat setelah makan malam, Anda akan merasa kembung dan tidak nyaman," ujar Kristy seperti dikutip dari Shape.

Tidak disarankan juga makan dessert saat perut kosong. Melahap dessert sebelum makan membuat tubuh lebih cepat menyerap gula dan memicu lonjakan gula darah yang lebih besar. Tapi di sisi lain gula darah juga akan merosot lebih drastis dan cepat sehingga membuat tubuh cepat lemas.

"Dessert setelah makan besar membuat Anda mendapatkan manfaat dari nutrisi dalam makanan untuk menstabilkan gula darah dari hidangan manis. Secara psikologis, juga lebih baik memakannya setelah makan," tambah Dawn Jackson Blatner, R.D.N.

Ketika dessert disantap setelah makan besar, akan menciptakan sinyal pada otak bahwa 'makan sudah selesai'. Sehingga kecil kemungkinannya kamu jadi ingin ngemil lagi.

Trik Makan Agar Tak Berlebihan Makan Dessert

Takut kalap karena rasa dessert yang begitu enak? Ada trik supaya tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis. Pakar diet Alexandra Miller, R.D.N., menyarankan untuk meneguk air putih sebelum dan ketika makan dessert. Air membantu membuat perut terasa lebih penuh sehingga Anda tidak memakannya terlalu banyak.

Selain itu tetapkan cukup makan satu porsi saja. Tidak lebih. Akan lebih baik jika setelah menikmati dessert Anda menyempatkan untuk berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mengolah kalori yang masuk.

Jadi, kamu tak perlu khawatir makan dessert bisa bikin gemuk. Sebab ada cara diet yang bisa diikuti seperti dijelaskan di atas.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)