5 Bacaan Doa Ketika Sakit Agar Lekas Sembuh

Arina Yulistara - wolipop Senin, 08 Nov 2021 05:30 WIB
Doa ketika sakit. Foto: Getty Images/Alex Liew Doa ketika sakit. Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Kamu atau keluarga sedang sakit? Yuk baca doa ketika sakit agar segera diberi kesembuhan.

Ada beberapa doa ketika sakit yang bisa diamalkan agar cepat sembuh. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga bisa membaca doa ketika sakit buat orang lain agar mereka segera diberikan kesembuhan.

Mengutip buku 'Sakit Menguatkan Iman' karya Ali Yafie, sakit merupakan salah satu ujian ringan dari Allah SWT. Oleh sebab itu, saat imun turun dan tubuh menjadi lemah, segeralah membaca doa ketika sakit untuk meminta pertolongan Allah SWT.

Berserah diri kepada Allah SWT dengan membaca doa ketika sakit juga bisa membuat hati lebih tenang. Lebih baik berdoa ketika sakit dibanding mengeluh. Berserah diri dan membaca doa ketika sakit dapat mengurangi dosa-dosamu.

Seperti yang diriwayatkan dalam hadist. Rasulullah SAW pernah bersabda;

"Janganlah kamu menyalahkan penyakit karena penyakit itu dapat menghilangkan kesalahan (dosa-dosa) anak Adam, seperti halnya Kir (alat peniup atau penyala api) membersihkan karat-karat besi. (HR. Muslim)

Untuk itu, mari baca doa ketika sakit agar tidak terus-menerus memikirkan rasa sakitnya tapi justru berikhtiar meminta kesembuhan dari Allah SWT. Meski sudah minum obat, membaca doa ketika sakit juga bisa membantu mengurangi dosa-dosa sebagai umat Muslim.

Berikut doa ketika sakit yang bisa diamalkan agar segera diberikan kesembuhan.

1. Doa Ketika Sakit untuk Diri Sendiri

Kamu sekarang sedang sakit? Baca doa ketika sakit untuk diri sendiri agar lekas sembuh. Coba baca ketika sakit untuk diri sendiri berikut ini;

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya:

"Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

2. Doa Ketika Sakit dan Minta Pengampunan

Saat kamu sakit, tidak lupa minta pengampunan dari Allah SWT. Doa ketika sakit sekaligus minta pengampunan Allah SWT bisa membaca doa ini;

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَأَلْحِقْنِي بِالرَّفِيقِ الأَعْلَى

Allahummaghfirlii warhamnii wa alhiqnii birrafiiqil a'laa

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku, sayangilah diriku, serta satukanlah aku dengan ar-rafiiqul a'la."

3. Doa Ketika Sakit Demam

Saat tubuh mulai demam menjadi tanda sedang melawan bakteri atau virus di dalamnya. Untuk membantu tubuh agar lekas sembuh, yuk baca doa ketika sakit demam. Ini dia doa ketika sakit demam yang bisa dilantunkan, seperti dikutip dari detikEdu;

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillaahil kabiiri na'uudzu billaahil 'adhiim min syarri irqin na'aarin wa min syarri harrin naar.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Besar aku berlindung dengan Allah dari keburukan otot-otot yang sobek dan dari panasnya api neraka."

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk doa ketika sakit untuk orangtua.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]