Ini Penyebab Jerawat di Vagina dan Cara Mengobatinya

Tim Beautynesia - wolipop Rabu, 28 Jul 2021 13:30 WIB
Woman eating fresh salad and fish at light table Jerawat vagina, penyebab dan cara mengobatinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Jakarta -

Ladies, tahukah kamu jerawat yang umumnya muncul di wajah bisa juga hadir di bagian tubuh lainnya. Salah satunya jerawat di vagina. Apa itu jerawat vagina atau vagina acne?

Jerawat yang muncul di area genital perempuan atau vagina disebabkan oleh berbagai faktor. Dan yang perlu kamu ingat, vagina acne atau jerawat vagina bukanlah kondisi yang serius dalam banyak kasus.

Ciri-ciri Jerawat Vagina

Meskipun kamu sudah rajin menjaga kulit agar tetap bersih dan pori-pori kamu bersih, jerawat memiliki cara untuk muncul pada saat yang paling buruk dan terkadang di tempat yang paling sensitif. Salah satunya seperti di area vagina kamu. Meskipun kondisi ini normal, munculnya benjolan jerawat ini membuat wanita merasa tidak nyaman dan menjengkelkan.

Seperti apa jerawat vagina? Jerawat di area selangkangan merupakan bentuk folikulitis atau peradangan di sekitar folikel rambut. Ini juga bisa berupa pustula (benjolan nanah), kemerahan papila yang meradang dan bahkan terkadang kista.

Hormon kamu juga bisa berperan dalam munculnya benjolan ini, sama seperti halnya ketika jerawat muncul di wajah. Kulit sensitif di sekitar vagina kamu juga bisa rentan terhadap komedo, sama seperti pori-pori di wajah yang bisa tersumbat, pori-pori di area vagina juga bisa.

Penyebab Jerawat di Vagina

Seorang ahli mengatakan bahwa pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan jerawat vagina. Dimana jerawat vagina dapat terbentuk ketika kotoran, keringat dan bakteri menumpuk di dalam pori-pori yang akan menyebabkan peradangan.

Iritasi atau panas berlebih juga bisa menjadi penyebab lainnya dari jerawat di bagian vagina. Banyak orang, terutama selama cuaca panas, berolahraga, berenang dan tersengat panasnya matahari tanpa mandi setelahnya. Keringat dan pori-pori yang tersumbat terutama di area bokong dan vagina dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu, jerawat di bagian vagina juga bisa disebabkan oleh dermatitis kontak atau peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu. Paparan bahan kimia, seperti krim, deterjen, parfum, pembalut, lotion atau apapun yang bersentuhan dengan area vagina bisa menjadi penyebabnya. Penyumbatan dari panas, keringat, pakaian ketat, spandeks dapat menyebabkan jenis jerawat atau kista di area vagina.

Bagaimana cara mengobati dan mencegah jerawat di vagina? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)