6 Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit

Lukita Wardhani - wolipop Minggu, 18 Jul 2021 21:00 WIB
Women sewing protective mask, Quebec, Canada Cara membuat masker kain tiga lapis. Foto: Getty Images/lisegagne
Jakarta -

Masker menjadi benda yang wajib dipakai oleh semua orang saat keluar rumah maupun dalam keadaan tidak sehat. Oleh Karenanya harga masker sontak melonjak, hal tersebut memberatkan sebagian masyarakat. Bagaimana cara membuat masker kain?

Apalagi kini berbagai lembaga kesehatan dunia dan pemerintah menyarankan untuk memakai masker dua lapis. Mengingat adanya jenis virus Corona baru yang menular dengan lebih mudah. Penggunaan masker dua lapis yang disarankan adalah masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar.

Agar kamu lebih menghemat pengeluaran, tidak ada salahnya mencoba membuat masker sendiri memakai kain atau baju yang sudah tidak terpakai. Sebaiknya gunakan bahan katun untuk masker kain.

Berikut cara membuat masker kain tiga lapis dengan mudah:

Langkah 1

Cara membuat masker kainCara membuat masker kain Foto: Dok. nsw.gov.au

Siapkan kain. Potong kain menjadi tiga bagian untuk lapisan dalam, tengah dan luar. Potong kain dengan ukuran 20x20 cm atau 25x16 cm untuk wanita dan 25x20 cm untuk laki-laki.

Perhatikan bahan yang digunakan, lebih baik menggunakan bahan katun. Kain bisa dipotong dengan bentuk segi empat atau bundar.

Langkah 2

Cara membuat masker kainCara membuat masker kain Foto: Dok. nsw.gov.au

Setelahnya satukan ketiga kain yang sudah dipotong tadi, letakan lapisan luar di bagian bawah, lapisan tengah di tengah dan lapisan dalam di atas. Kemudian sisakan sekitar 1 cm bagian atas dan bawahnya. Bagian yang disisakan it lalu lipat ke tengah dan jahit dengan teknik tusuk jelujur (bentuknya garis putus-putus).

Langkah 3

Cara membuat masker kainCara membuat masker kain Foto: Dok. nsw.gov.au


Cara membuat masker kain selanjutnya, setelah seluruh sisi atas dan bawah kain di jahit. Sekarang selesaikan bagian kiri dan kanannya. Sisakan kain 1,5 cm pada masing-masing sisi, kemudian lipat bagian kain yang tadi disisakan ke arah tengah, lalu jahit lagi dengan teknik tusuk jelujur. Lakukan di kedua sisi kain yang tadi dilebihkan. Bagian ini untuk tali atau karet masker.


Langkah 4

Cara membuat masker kainCara membuat masker kain Foto: Dok. nsw.gov.au



Siapkan karet berbahan kain atau tali elastis sepanjang 20 cm. Masukkan tali tersebut ke lubang lipatan kain. Lakukan di kedua sisi. Gunakan peniti atau jarum besar untuk memasukkannya.



Langkah 5

Setelah karet atau tali masker terpasang, ikat ujungnya dengan erat atau jahit menjadi satu. Lakukan di kedua sisi. Dan masker kain pun siap digunakan.

Cara membuat masker kainCara membuat masker kain Foto: Dok. nsw.gov.au

Langkah 6



Pakai masker kain dengan lapisan dalam dekat ke wajah kamu. Sesuaikan masker untuk memastikannya pas di hidung dan mulut kamu. Saat memakai dan melepas masker, jangan menyentuh lapisan luar. Cuci tangan sebelum memakai masker dan setelah melepasnya.

Itulah cara membuat masker kain sendiri tanpa mesin jahit yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba.

(eny/eny)