Nggak Pake Lama, Ini Solusi Cepat Redakan Sakit Kepala

Erika Dyah Fitriani - wolipop Kamis, 10 Jun 2021 20:10 WIB
Ilustrasi Wanita Lelah Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sakit kepala bisa mengganggu pekerjaan, terlebih jika kepala tiba-tiba terasa nyeri saat pekerjaan sedang menumpuk. Tahukah Anda? Stres dan kelelahan menjadi salah satu penyebab paling umum dari sakit kepala.

Pikiran berlebihan atau overthinking dapat membuat pikiran menjadi lelah hingga stres. Jika hal tersebut terjadi, otak akan melepaskan zat kimia tertentu yang membuat perubahan pada pembuluh darah. Selain sakit kepala, efek dari stres ini juga bisa menyebabkan perubahan pola tidur dan makan yang tentunya akan memperparah gejala sakit kepala.

Selain itu, penyebab sakit kepala lainnya adalah dehidrasi, perubahan pola makan, perubahan cuaca, hingga tidur yang tidak teratur.

Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mengalami sakit kepala namun pekerjaan di depan mata tidak bisa ditinggalkan, tentu minum obat adalah solusinya. Nah, bagi Anda yang bingung harus memilih obat apa untuk dikonsumsi ada pilihan obat sakit kepala yang bisa meredakan sakit kepala tanpa butuh waktu lama yakni Saridon.

Saridon merupakan obat sakit kepala yang dikeluarkan oleh perusahaan farmasi terpercaya Bayer. Konsumsi satu tablet Saridon bisa dengan cepat meredakan sakit kepala. Saridon juga memiliki kemasan yang praktis isi 4 tablet yang sangat mudah dibawa ke mana-mana. Sehingga, Anda bisa terus membawanya untuk berjaga di keadaan darurat saat bepergian.

Kandungan Saridon

Dalam setiap tabletnya, Saridon mengandung 250 gram parasetamol, propifenazon 150 gram, dan 50 mg kafein. Kafein merupakan zat alami yang didapatkan dari daun teh, ekstrak biji kopi, dan kakao.

Diketahui, kafein pada tablet yang mengandung parasetamol dapat meningkatkan potensi penyerapannya untuk meredakan sakit kepala. Kafein juga memiliki fungsi yang membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri serta menjadi formula efektif untuk cepat meredakan sakit kepala hingga 40%.

Sementara itu, kandungan parasetamol dan propifenazon bekerja untuk mengurangi zat prostaglandin yang menyebabkan peradangan. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mengurangi gejala peradangan yang muncul seperti nyeri dan demam.

Manfaat Saridon

Obat pereda sakit kepala Saridon memiliki beberapa manfaat, antara lain.

· Meredakan sakit kepala

· Menurunkan demam

· Meringankan nyeri otot dan nyeri sendi

· Meringankan sakit gigi

· Mengatasi nyeri ringan sampai sedang

· Mengobati demam dan nyeri setelah vaksinasi

Aturan Minum Obat

Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Adapun aturan dosisnya adalah 1 tablet untuk 3-4 kali sehari untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas hingga orang dewasa. Sementara untuk anak-anak dengan usia antara 6 hingga 12 tahun, obat ini bisa dikonsumsi dengan dosis ½ hingga 1 tablet untuk 3-4 kali sehari.

Interaksi Obat

Konsumsi Saridon sebaiknya jangan digunakan bersamaan dengan beberapa hal di bawah ini.

· Penggunaan kolestiramin karena dapat menurunkan kemampuan penyerapan obat (Saridon).

· Penggunaan rifampisin, karbamazepin, fenitoin, dan fenobarbital karena penggunaan bersama dengan zat ini bisa menyebabkan kadar parasetamol menurun.

· Penggunaan domperidon dan metoklopramid karena bisa menyebabkan peningkatan absorpsi obat ini.

· Penggunaan kloramfenikol karena penggunaan bersama dengan kandungan zat ini akan meningkatkan kadar kloramfenikol dalam tubuh.

Ulasan di atas bisa jadi membuat Anda tertarik untuk mencoba Saridon saat sakit kepala terasa. Kemasan Saridon yang praktis akan memudahkan Anda untuk membawanya ke manapun tanpa khawatir tercecer.

Pastikan Anda mengkonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan apoteker atau dokter sebelum mengkonsumsi obat pereda sakit kepala ini. Jika sakit kepala tidak kunjung membaik dengan Parasetamol dan Kafein dalam 5 hari, segera konsultasi lebih lanjut ke dokter.

(ads/ads)