Hidup Tetap Produktif Meski Diabetes, Bisa!

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Rabu, 21 Apr 2021 23:38 WIB
running Foto: shutterstock
Jakarta -

Diagnosis diabetes pasti menimbulkan rasa kekhawatiran yang besar, mulai apa yang harus dilakukan, bahaya kesehatan yang mengancam, hingga dampaknya ke kehidupan sehari-hari. Wajar saja, penanganan diabetes memang butuh banyak perhatian dan waktu sehingga dapat mempengaruhi keseharian dan kualitas hidup. Perlu diingat, diabetes tidak dapat disembuhkan.

Tapi bukan berarti diabetesi lantas tidak dapat menjalankan keseharian dengan baik. Diabetesi bisa tetap produktif dengan kontrol dan penanganan yang tepat. Kuncinya adalah menjalankan pola hidup sehat guna mengontrol kadar gula darah, yang berperan penting dalam menghindari risiko komplikasi dan menjaga kualitas hidup pada diabetesi.

Pengaturan pola makan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah sekaligus menjaga berat badan. Memilih makanan yang tinggi serat serta pembatasan asupan gula, garam, dan lemak akan sangat bermanfaat untuk menjaga gula darah dan menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya. Pastikan juga untuk mengonsumsi obat jika diperlukan sesuai anjuran dokter, serta rutin melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga kondisi diabetesi.

Rutin berolahraga juga tidak kalah penting bagi diabetesi karena aktivitas fisik secara rutin tak hanya membantu menjaga berat badan tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang terlibat dalam pengaturan kadar gula darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga suasana hati.

Diabetesi perlu memulai olahraga secara perlahan, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menyesuaikan jenis dan intensitas olahraga dengan kondisi tubuh. Pastikan untuk melakukan pengukuran kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga, serta selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga.

Jangan lupa untuk minum air yang cukup selama berolahraga dan selalu siapkan asupan karbohidrat yang dapat diperlukan saat gula darah menurun. Tak kalah penting, gunakan sepatu olahraga yang sesuai dan selalu periksa kondisi kaki setelah berolahraga.

Untuk tetap bisa menikmati rasa manis tanpa khawatir, ganti gula dengan pemanis rendah kalori Tropicana Slim Sweetener Lemongrass Pandan yang mengandung kalori jauh lebih rendah dibanding gula pasir, dengan rasa manis yang sama, serta tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara signifikan sehingga cocok untuk Anda menikmati rasa manis yang lebih sehat.

(mul/ega)