Tips Mencegah Stretch Mark Saat Hamil Sejak Trimester 1 Hingga Melahirkan

Annissa Kamila - wolipop Minggu, 28 Mar 2021 13:00 WIB
ilustrasi stretch mark Tips mencegah stretch mark saat hamil. Foto: iStock
Jakarta -

Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu hampir semua pasangan suami istri. Momen-momen kehamilan pun dapat memberikan banyak kenangan bahagia bagi para calon ibu, seperti tendangan pertama, ngidam dan berbagai kejadian unik lainnya yang bisa terjadi. Tapi bagaimana bila stretch mark hadir di antara momen itu? Seperti apa tips mencegah stretch mark saat hamil?

Stretch mark hadir karena kulit yang meregang sebab menyesuaikan kondisi ibu saat hamil. Kulit yang meregang ini membuat serat elastis di bawah permukaan kulit pecah dan membentuk gurat halus. Biasanya stretch mark muncul pada daerah-daerah tertentu seperti perut, payudara, paha atau pinggul.

Stretch mark bisa muncul sejak trimester pertama kehamilan hingga ibu melahirkan. Semakin lama stretch mark dibiarkan akan semakin sulit menghilangkannya.

Agar kamu tidak mengalaminya, berikut tips mencegah stretch mark saat hamil sejak trimester pertama hingga melahirkan:

Tips Mencegah Stretch Mark di Trimester Pertama Kehamilan

Pregnant woman applying moisturizer cream on her belly.Tips mencegah stretch mark saat hamil. Foto: iStock

Setelah melihat dua garis bertanda positif pada hasil tes kehamilan yang kamu miliki, ada pekerjaan baru yang harus dimulai untuk menghindari stretch mark. Aktivitas baru itu seperti menggunakan pelembab di area tubuh yang rawan terkena stretch mark seperti payudara, perut dan paha. Penggunaan pelembab dapat membantu menjaga elastisitas kulit sehingga tidak mudah meregang akibat perubahan berat badan yang terjadi pada ibu hamil.

Seperti dikutip dari parents, tips mencegah stretch mark saat hamil, kamu dapat mengoleskan krim pelembab yang mengandung minyak kelapa, shea butter, dan vitamin E di pagi hari. Selain itu, kamu juga harus menjaga berat badan untuk meminimalkan stretch mark. Pertambahan berat badan yang terjadi sebaiknya sesuai dengan rekomendasi dokter.

Tips Mencegah Stretch Mark di Trimester Kedua

Ketika kamu telah melakukan upaya maksimal untuk menghambatnya, namun tanda-tanda stretch mark muncul di tubuhmu, tenang, kamu masih memiliki waktu untuk memperbaikinya. Stretch mark akan sulit dihilangkan ketika sudah mulai membekas dengan tanda putih pada bagian tubuh.

Tips mencegah stretch mark saat hamil selanjutnya adalah penggunaan krim yang memiliki ekstrak beberapa tumbuhan dan centella asiatica yang membantu untuk menjaga elastisitas kulit. Kamu wajib melakukan pengaplikasian secara rutin untuk membantu perawatan kulit. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk melihat perkembangan hasilnya pada kulitmu. Untuk mengurangi tanda kemerahan kamu dapat menggunakan krim atau lotion yang dapat menyamarkan stretch mark.

ilustrasi stretch markTips mencegah stretch mark saat hamil. Foto: iStock

Tips Mencegah Stretch Mark Pasca Melahirkan

Stretch mark akan memudar dengan sendirinya dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Warna kemerahan akan memudar dan menjadi tanda putih pada bagian kulit dengan tekstur yang tetap sama. Kamu dapat menggunakan ekstrak tumbuhan dan kandungan Centella Asiatica untuk mengencangkan kulit. Namun apabila hasil yang diberikan masih belum maksimal, kamu dapat meminta dokter untuk memberikan rekomendasi perawatan atau krim yang efektif dalam mengurangi stretch mark. Langkah ini baik dilakukan apabila kamu baru saja melahirkan.

Demikianlah tips mencegah stretch mark saat hamil. Yang perlu kamu para bumil ingat, jika memang stretch mark ini tidak dapat dihilangkan, janganlah bersedih karena kondisi tersebut nyaris dialami semua wanita saat hamil.

(eny/eny)