Begini Cara Menggunakan Test Pack yang Benar di Rumah untuk Tes Hamil

Lukita Wardani - wolipop Senin, 07 Sep 2020 08:06 WIB
ilustrasi test pack Cara menggunakan test pack yang benar di rumah. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang mungkin belum mengerti cara menggunakan tes kehamilan di rumah dengan mendeteksi keberadaan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam urin wanita. Biasanya alat tes kehamilan di rumah tersedia di sebagian besar toko obat dan online. Sebelum memahami cara menggunakan test pack yang benar, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu:

1. Belilah alat test pack di toko yang terpercaya

Ada banyak merek tes kehamilan rumahan yang dijual, tetapi tidak masalah dengan apapun yang kamu pilih. Semua tes kehamilan di rumah bekerja dengan cara yang sama - dengan mendeteksi kadar hormon hCG dalam urin.

Saat membeli alat tes kehamilan, periksa tanggal kedaluwarsa di kotak dan pastikan kotaknya utuh atau tidak rusak karena ini dapat memengaruhi hasilnya. Pikirkan tentang mendapatkan merek yang menyediakan dua tongkat uji di dalam kotak, terutama jika kamu berencana untuk menguji lebih awal. Dengan cara ini kamu bisa mencoba kembali setelah seminggu jika mendapatkan hasil negatif saat tes pertama kali. Bisa juga kamu membeli alat test pack dengan berbagai merek untuk perbandingan.

Beberapa ahli menganjurkan membeli alat tes kehamilan dari toko besar yang memiliki tingkat kredibilitas baik sehingga lebih mungkin mendapatkan alat tes kehamilan yang lebih baru, daripada yang telah disimpan di rak selama berbulan-bulan. Demikian pula, jika kamu pernah melakukan tes kehamilan dan menyimpannya hingga berbulan-bulan lebih baik membeli yang baru jika kamu mau menggunakannya lagi.

Beberapa merek mengklaim dapat mendeteksi kehamilan secara akurat dari hari jadwal mentruasi yang telat bahkan lebih awal. Meskipun terkadang benar karena mungkin alat tes itu cukup sensitif untuk mendeteksi kadar hCG yang lebih tinggi dalam urin kamu. Meski begitu risiko kamu mendapatkan hasil negatif meskipun sebenarnya hamil masih bisa terjadi.

Banyak tes kehamilan di toko obat merek generik sebenarnya diproduksi di pabrik yang sama dengan merek ternama dan menggunakan teknologi yang sama. Jadi jangan khawatir tentang kualitas merek generik jika kamu mau mencoba dan menghemat uang.

2. Cari tahu kapan jadwal yang tepat untuk tes

Cara menggunakan test pack yang benar, kebanyakan ahli menyarankan agar kamu menunggu setidaknya satu hari setelah haid yang terlewat sebelum melakukan tes kehamilan di rumah, meskipun menunggu seminggu dianggap lebih baik. Ini bisa menjadi sulit ketika kamu ingin mengetahui apakah hamil atau tidak, tetapi menunggu memungkinkan tingkat akurasi yang lebih tinggi saat mengikuti tes lebih baik, karena kadar hCG meningkat pesat pada wanita hamil.

Kadar hCG berkembang dalam tubuh wanita hanya setelah sel telur yang telah dibuahi ditanamkan di dalam rahimnya. Implantasi sel telur yang telah dibuahi biasanya terjadi sekitar hari ke-6 setelah sperma dan sel telur bergabung. Inilah sebabnya mengapa tes kehamilan di rumah tidak akan mendeteksi hCG apapun jika kamu melakukan tes terlalu dini, bahkan jika kamu sedang hamil.

Tes kehamilan di rumah paling baik dilakukan di pagi hari, saat urin paling pekat dan kadar hCG paling tinggi. Sebagai pedoman umum atau jika kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur, kamu harus menunggu 3 minggu setelah berhubungan seks untuk melakukan tes kehamilan. Namun, jika sedang terburu-buru, sebagian besar tes akan bekerja setelah dua minggu (kira-kira saat menstruasi kamu jatuh tempo).

Shot of a woman looking worried while holding a pregnancy test with her partner lying in the backgroundIlustrasi cara menggunakan test pack Foto: iStock

3. Baca instruksi di test pack dengan seksama

Meskipun sebagian besar tes urine di rumah hampir sama caranya, penting untuk mengikuti petunjuk pabrik. Informasi spesifik dapat berbeda pada setiap tes kehamilan, seperti metode pengambilan urin, lamanya waktu kamu perlu buang air kecil pada tongkat, dan simbol yang digunakan untuk menunjukkan apakah hamil atau tidak.

Lebih baik kamu membiasakan diri dengan simbol-simbol yang digunakan sebelumnya, karena tidak ingin terburu-buru mencari petunjuk saat tes menunjukkan hasilnya

Harus ada nomor bebas pulsa di kotak atau instruksi yang dapat kamu hubungi jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang metode mengikuti tes atau produk itu sendiri.

4. Persiapkan dirimu

Melakukan tes kehamilan di rumah bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, terutama ketika kamu cemas dengan hasilnya. Lakukan tes secara pribadi dan berikan diri kamu waktu sebanyak yang kamu butuhkan, atau mintalah pasangan atau teman dekat untuk berdiri di luar pintu kamar mandi. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun, kemudian lepaskan tongkat penguji dari pembungkusnya dengan hati-hati.

Cara Menggunakan Test Pack

Setelah memperhatikan keempat cara di atas sebelum melakukan tes kehamilan, kamu bisa melangkah ke tips selanjutnya yaitu cara menggunakan test pack yang benar untuk tes kehamilan di rumah:

1. Duduklah di toilet dan buang air kecil di tongkat tes atau ke dalam gelas plastik kecil yang disediakan (tergantung pada merek alatnya). Kamu harus mencoba menggunakan sampel aliran tengah yang berarti kamu buang air kecil dulu sebelum mengumpulkan urin di cangkir atau memasukan tongkat.

Jika kamu ingin buang air kecil langsung pada tongkat, pastikan untuk mengikuti instruksi dengan seksama. Dengan beberapa tes, kamu perlu buang air kecil di tongkat untuk waktu yang sangat spesifik, misalnya tepat 5 detik, tidak lebih tidak kurang. Gunakan stopwatch untuk membantu mengatur waktu, jika perlu.

Saat buang air kecil di atas tongkat, pastikan untuk menempatkan ujung penyerap tongkat ke dalam aliran urine dan putar sehingga jendela tampilan menghadap ke atas.

young woman with pregnancy test kitIlustrasi test pack kehamilan. Foto: thinkstock

2. Gunakan pipet untuk menempatkan sedikit urine ke atas tongkat tes. Ini hanya diperlukan untuk metode gelas plastik. Jatuhkan urin ke dalam lubang yang ditunjukkan pada tongkat. Sebagai alternatif, beberapa merek mengharuskan kamu mencelupkan ujung penyerap dari tongkat uji ke dalam urin yang terkumpul. Tahan di sana selama 5 hingga 10 detik, atau selama waktu yang ditunjukkan dalam instruksi.

3. Tunggu hingga waktu yang ditentukan. Letakkan tongkat uji pada permukaan yang bersih dan rata dengan jendela hasil menghadap ke atas. Waktu tunggu biasanya antara 1 hingga 5 menit, meskipun beberapa tes mungkin memerlukan waktu hingga 10 menit untuk memberikan hasil yang akurat. Lihat instruksi untuk mengetahui jumlah waktu yang diperlukan untuk tes khusus kamu.

Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian kamu selama menunggu agar waktu tidak terasa lama, bisa dengan membuat secangkir teh atau melakukan peregangan atau olahraga. Beberapa tongkat memiliki simbol atau garis pengatur waktu kecil untuk menunjukkan bahwa tes tersebut bekerja.

4 . Periksa hasilnya. Setelah waktu yang disebutkan dalam instruksi telah berlalu, periksa stik tes untuk mengetahui hasilnya. Apakah simbol menunjukan kamu hamil atau tidak, karena setiap merek berbeda jadi bacalah petunjuknya lagi jika kamu tidak yakin. Kebanyakan tes kehamilan di rumah menggunakan sesuatu seperti tanda plus atau minus, kode perubahan warna, atau kata 'hamil' atau 'tidak hamil' pada layar digital.

Terkadang garis atau simbol hanya akan muncul sangat samar. Jika ini terjadi kamu tetap harus menganggapnya sebagai hasil positif karena ini menunjukkan bahwa tes hCG dalam urin kamu telah terdeteksi. Hasil positif palsu sangat jarang. Jika hasilnya positif: kamu harus segera membuat janji dengan dokter untuk memastikan kehamilannya. Ini biasanya dilakukan dengan tes darah.

Jika hasilnya negatif: tunggu seminggu lagi dan jika masih belum mulai menstruasi, kamu harus melakukan tes lagi. Negatif palsu cukup umum terjadi, terutama jika kamu salah menghitung tanggal ovulasi dan melakukan tes terlalu cepat. Inilah sebabnya mengapa banyak tes kehamilan di rumah dilengkapi dengan dua tongkat tes. Jika hasil tes kedua negatif, buatlah janji dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang memengaruhi menstruasi kamu atau menyebabkan gejala kehamilan.

Bagaimana apakah informasi cara menggunakan test pack yang benar ini membantu? Selamat mencoba ya. Jika hasilnya positif, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter kandungan untuk memastikan keakuratannya.

(eny/eny)