8 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 18 Nov 2020 11:00 WIB
diet Cara menurunkan berat badan dengan sehat. Foto: shutterstock
Jakarta -

Memiliki berat badan ideal menjadi impian banyak orang terutama wanita. Sayangnya ada orang-orang yang menurunkan berat badannya atau diet secara tidak sehat. Hal ini pun bisa berakibat negatif pada tubuh. Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan sehat?

Pastinya kamu jangan menggunakan obat-obatan pelangsing yang dijual bebas tanpa izin resmi BPOM atau lembaga kesehatan resmi di Indonesia. Obat dan ramuan herbal yang diklaim bisa menurunkan berat badan itu dapat mengandung bahan berbahaya. Buktinya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2010 pernah menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin. Bahan ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan tidak menyiksa tubuh:

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayuran memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Pastikan sayuran yang dikonsumsi masih segar sehingga lebih banyak vitamin yang terkandung. Kamu bisa konsumsi buah dan sayur dengan membuatnya menjadi salad atau masakan lainnya. Kamu bisa kreasikan buah dan sayuran sesuai dengan selera.

Healthy food selection. Shopping bag full of fresh vegetables and fruits. Flat lay food on tableCara menurunkan berat badan: perbanyak makan buah dan sayur. Foto: iStock

2. Kurangi Camilan dan Makan Makanan Kemasan

Cara menurunkan berat badan dengan sehat adalah mengonsumsi hanya apa yang kamu butuhkan dengan mengurangi produksi berlebih. Langkah ini juga membantu menjaga tubuh tetap sehat dan tehindar darii penambahan berat badan yang berlebihan. Membatasi camilan makanan padat dalam kemasan yangi rendah nutrisi serta memperhatikan ukuran porsi adalah cara untuk menghindari konsumsi berlebihan yang tidak perlu.

3. Ganti Protein Hewani dengan Protein Nabati

Secara umum, lebih banyak sumber daya diperlukan untuk menghasilkan protein hewani (terutama daging sapi), dibandingkan dengan protein nabati (seperti kacang-kacangan dan beberapa biji-bijian). Oleh karena itu mengonsumsi lebih banyak protein nabati dapat bermanfaat bagi kesehatan. Makanan nabati menyediakan lebih banyak serat, dan rendah kandungan lemak jenuh. Hal tersebut dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Indonesian tempe with rice and curry sauce served in paper from local marketTahu, salah satu makanan protein nabati. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan dengan sehat, bagi kamu pemakan daging, bisa mulai batasi hanya konsumsi daging satu kali seminggu. Atau kamu bisa ganti dengan daging ayam. Menjadi sangat baik jika menggabungkan berbagai sumber protein nabati sehingga kebutuhan protein terpenuhi.

4. Pilih Biji-bijian

Saat mengonsumsi karbohidrat sebaiknya pilih biji-bijian utuh. Sereal non-olahan umumnya kurang baik karena proses pembuatannya yang lebih rumit. Biji-bijian utuh bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan kelebihan berat badan. Contoh makanannya roti gandum utuh, pasta gandum, barley mentah, soba, dan quinoa.

Selain itu beras merah juga pengganti yang baik untuk nasi putih. Tetapi harus dinikmati dalam jumlah sedang, karena banyak air digunakan selama produksinya.

5. Lebih Banyak Konsumsi Ikan

Ikan Tude Bakar Sambal Dabu, a popular Minahasan dish of char-grilled mackerel topped with Dabu-dabu salsa, which is the Minahasan fresh salsa of tomatoes, chili peppers, and shallot. The fish is plated on rectangular wooden board lined with banana leaf. A small bowl of Sambal Rica (Minahasan red chili pepper paste) is served as extra condiment to the grilled fish.Konsumsi ikan untuk menurunkan berat badan dengan sehat. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan dengan sehat, cobalah ganti asupan daging ayam atau sapi dengan ikan. Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang sehat dan berkontribusi untuk menyehatkan mata, fungsi otak, juga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi yang diperlukan dan mengurangi perburuan ikan liar kamu bisa konsumsi ikan dan makanan laut 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

6. Pilihlah Susu Rendah Lemak

Susu merupakan sumber penting protein, kalsium dan asam amino esensial. Manfaat susu juga dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, stroke, kanker usus. dan diabetes tipe 2. Namun sebaiknya pilih produk susu tanpa pemanis dan rendah lemak. Selain itu batasi konsumsi olahan susu seperti keju karena memiliki kadar lemak yang tinggi.

7. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

young beautiful woman by the window at home drinking water. LifestyleCara menurunkan berat badan dengan sehat perbanyak minum air putih. Foto: Getty Images/iStockphoto/Eva Blanco

Cara menurunkan berat badan dengan sehat dan mudah adalah mengonsumsi air putih atau air mineral minimal 2 liter per hari. Minum air putih memiliki banyak manfaatnya selain baik untuk kulit, juga dapat menahan rasa lapar. Terkadang banyak orang yang sulit membedakan antara haus karena dehidrasi atau lapar. Jadi saat kamu merasa ingin makan camilan, cobalah dulu mengisi perutmu dengan air putih.

8. Olahraga teratur

Setelah kamu menjaga pola makan dengan benar, yang paling penting dilakukan lagi adalah olahraga. Untuk menyeimbangkan kalori yang masuk ke dalam tubuh dan yang kamu keluarkan, kamu bisa lakukan olahraga 3-4 kali seminggu.

Bagaimana siap mencoba delapan cara menurunkan berat badan dengan sehat? Semoga berhasil diet sehat yang kamu jalani ini ya.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)