10 Manfaat Minyak VCO, Menurunkan Berat Badan Hingga Menambah Imun

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 14 Nov 2020 12:01 WIB
Manfaat minyak VCO atau minyak kelapa murni. Foto: Istock Manfaat minyak VCO atau minyak kelapa murni. Foto: Istock
Jakarta -

Minyak VCO atu Virgin Coconut Oil populer di kalangan pelaku diet keto. Belakangan di masa pandemi ini, manfaat minyak VCO pun kembali jadi atensi karena diyakini dapat menambah imunitas.

Minyak VCO terbuat dari ekstraksi buah kelapa. Kelapa diperas atau diekstraksi hingga tetesan minyak terakhir dihasilkan. Berbeda dengan minyak lainnya yaitu minyak kelapa sawit atau minyak sayur, cara ekstraksi minyak VCO dengan teknik yang tidak melibatkan adanya suhu panas atau cold-ressed. Metode inilah yang membuat minyak VCO lebih sehat dibanding minyak lainnya. Minyak VCO memiliki kombinasi unik asam lemak yang memiliki efek positif pada kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Minyak VCO

1. Mengandung Asam Lemak Sehat

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak, dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak kamu. Manfaat minyak VCO ini juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Terapi Kumur Minyak Kelapa yang Bisa Cerahkan Gigi Hingga Obati Jerawat

Seperti dikutip dari Health Line, sebagian besar lemak makanan dikategorikan sebagai trigliserida rantai panjang (LCT), sedangkan minyak kelapa mengandung beberapa trigliserida rantai menengah (MCT), yang merupakan rantai asam lemak yang lebih pendek. Tubuh menggunakannya sebagai sumber energi cepat atau mengubahnya menjadi keton.

Keton memiliki manfaat yang kuat untuk otak dan para peneliti mempelajari keton sebagai pengobatan untuk epilepsi, penyakit Alzheimer, dan kondisi lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak kelapa adalah makanan yang tidak umum di dunia Barat. Namun bagi orang-orang yang sadar kesehatan, minyak VCO jadi pilihan. Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 1981 mencatat bahwa penduduk Tokelau, sebuah rantai pulau di Pasifik Selatan, memperoleh lebih dari 60% kalori mereka dari kelapa. Para peneliti melaporkan tidak hanya kesehatan yang baik secara keseluruhan tetapi juga tingkat penyakit jantung yang sangat rendah.

Coconut oil for alternative therapyManfaat minyak VCO. Foto: Getty Images/iStockphoto/mypokcik

3. Manfaat Minyak VCO Membantu Menurunkan Barat Badan

Obesitas adalah salah satu kondisi kesehatan terbesar yang mempengaruhi dunia Barat saat ini. Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanyalah masalah sebagain orang yang mengkonsumsi kalori berlebih. Manfaat minyak VCO dalam menurunkan berat badan, dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang.

Penelitian mencatat bahwa VCO (Virgin Coconut Oil) dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar selama 24 jam sebanyak 5%. Namun, minyak kelapa sendiri mungkin tidak memiliki efek yang sama.

4. Memiliki Efek Antimikroba yang Membunuh Virus

Asam laurat membentuk sekitar 50% dari asam lemak dalam minyak kelapa. Saat tubuh kamu mencerna asam laurat, ia membentuk zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa zat ini membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi Staph, dan jamur Candida albicans, sumber umum infeksi jamur pada manusia.

5. Manfaat Minyak VCO Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu manfaat minyak VCO adalah dapat mengurangi rasa lapar. Ini mungkin terkait dengan cara tubuh kamu memetabolisme lemak. Proses metabolisme lemak yang disebut keton in dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan secara signifikan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

6. Dapat Mengurangi Epilepsi

Para peneliti saat ini sedang mempelajari diet ketogenik, yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemak, untuk mengobati berbagai gangguan. Penggunaan terapeutik paling terkenal dari diet ini adalah mengobati epilepsi yang resistan terhadap obat pada anak-anak.

Manfaat minyak VCO yang dirasakan pelaku diet keto dapat mengurangi tingkat kejang pada anak-anak penderita epilepsi, bahkan mereka yang tidak berhasil dengan berbagai jenis obat. Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak menyebabkan peningkatan konsentrasi keton (metabolisme lemak) dalam darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2