12 Cara Merawat Rambut Kering

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 11 Feb 2020 07:02 WIB
Young brunette lady combing her beautiful long hair. isolated white Cara Merawat Rambut Kering / Foto: iStock
Jakarta -

Rambut adalah mahkota bagi para wanita. Oleh karena itu rambut yang kering dan kusam seringkali membuat rasa percaya diri kita menurun. Untuk mengatasi rambut kering, bercabang, dan kasar dibutuhkan produk-produk perawatan yang memang khusus dapat mengatasi masalah rambut tersebut. Selain menggunakan produk-produk dari luar, kamu juga bisa membuat perawatan rambutmu sendiri loh. Salah satunya adalah dengan membuat masker untuk merawat rambut kering dari bahan-bahan alami. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini 12 cara merawat rambut kering:

Gunakan Produk-produk Rambut yang Berfungsi Untuk Melembabkan

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang memang ditujukan untuk rambut kering. Produk-produk seperti shampo atau kondisioner yang memiliki kandungan melembabkan sangat baik untuk digunakan pada rambut kering. Biasanya shampo yang diformulasikan untuk rambut tipe ini memiliki pH lebih rendah yang berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut.

Salah satu shampo yang bisa kamu andalkan untuk merawat rambut kering adalah HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo, dengan kandungan argan yang dikenal sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit dan rambut.

Shampo Head & Shoulder

Presented by HEAD & SHOULDERS

Sesuai dengan Namanya, sampo ini juga sekaligus bisa membantu mengatasi permasalahan rambut rontok. Tidak hanya itu, kandungan Argan Crème⁺, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner pada HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo juga mampu membantu mengunci kelembaban rambut dan memperbaiki rambut kusam, sehingga membantu rambutmu tampak berkilau serta terasa lembut.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak menggunakan shampo yang terlalu banyak saat keramas.

Pakai Hair Mask Secara Rutin

Cara merawat rambut kering yang kedua adalah dengan rutin menggunakan hair mask. Kamu tidak perlu menunggu rambutmu menjadi rusak dan kering terlebih dahulu untuk menggunakannya. Kamu bisa menggunakan cara merawat rambut kering yang satu ini secara rutin. Hair mask akan membantu melembabkan dan menutrisi rambutmu agar tidak kering. Kamu bisa memilih produk hair mask yang memang ditujukan untuk perawatan rambut kering. Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya. Gunakan hair mask setiap satu hingga dua kali per minggu.

Ketahui Waktu Keramas yang Tepat

12 Cara Merawat Rambut KeringFoto: Istimewa


Cara merawat rambut kering yang ketiga adalah dengan mengetahui waktu yang tepat untuk keramas. Jika kamu berpikir bahwa keramas setiap hari adalah hal yang baik karena akan membuat rambut menjadi lebih bersih maka hal ini tidaklah benar. Keramas setiap hari menggunakan shampo justru akan membuat rambutmu kehilangan kadar minyak alaminya. Akibatnya rambut akan menjadi kering dan bercabang. Oleh karena itu keramas menggunakan shampo lebih dianjurkan untuk dilakukan setiap dua hari sekali.

Pakai Kondisioner Setelah Keramas


Cara merawat rambut kering yang keempat adalah dengan menggunakan kondisioner setiap habis keramas. Cara merawat rambut kering yang ini cukup penting untuk dilakukan. Ini karena conditioner layaknya pelembab yang dapat mengganti minyak rambut yang hilang setelah kamu keramas. Selain itu kondisioner juga dapat membuat rambutmu lebih bercahaya dan tidak kusam, rapuh, atau bercabang.

Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer

12 Cara Merawat Rambut KeringFoto: Thinkstock


Cara merawat rambut kering yang kelima adalah dengan mengurangi penggunaan catokan dan hair dryer. Panas yang dihasilkan oleh catokan dan hair dryer dapat membuat kulitmu menjadi kering. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk menggunakan catokan dan hair dryer setiap harinya. Namun jika terpaksa, pastikan alat styling rambut yang kamu gunakan tersebut adalah dari merek yang terpercaya. Selain itu gunakan juga vitamin rambut dan atau produk-produk lain yang dapat melindungi rambut dari panas yang dihasilkan oleh catokan dan hair dryer.

Baca juga: Cara Menebalkan Rambut yang Kuat dan Fleksibel Untuk Bebaskan Diri Lakukan Apapun

Jangan Gunakan Air Hangat Pada Rambut


Cara merawat rambut kering yang keenam adalah dengan tidak menggunakan air hangat pada rambut. Mandi menggunakan air hangat mungkin akan terasa sangat enak dan menyenangkan. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Namun sayangnya, air hangat atau air panas dapat membuat rambut dan kulit menjadi kering. Jadi bagi kamu pemilik rambut kering sebaiknya menghindari penggunaan air hangat.

Konsumsi Vitamin Khusus Untuk Rambut

12 Cara Merawat Rambut KeringFoto: iStock


Cara merawat rambut kering yang ketujuh adalah dengan mengonsumsi vitamin khusus untuk rambut. Sama seperti kulit dan tubuh, rambut juga memerlukan vitamin agar tetap sehat dan lembab. Jika kamu merasa kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan maka kamu bisa menambah kebutuhan vitamin tubuh dan rambut dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Selain dapat membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat, vitamin rambut juga dapat menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Gunakan Produk Vitamin Rambut


Cara merawat rambut kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Kamu bisa memilih vitamin rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Terutama jika kamu hendak melakukan proses styling pada rambutmu, maka kamu perlu menggunakan produk vitamin rambut untuk menjaga rambut dari terpaan panas alat-alat tersebut. Dengan menggunakan vitamin rambut, rambut akan terlihat lebih indah, halus, dan bercahaya.

Perbanyak Minum Air Putih


Banyak minum air putih juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara merawat rambut kering. Karena selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam seperti dengan cara yang satu ini juga sangat dibutuhkan untuk mencegah rambut dari kekeringan. Selain baik bagi rambut, banyak minum air putih juga baik bagi kesehatanmu. Oleh karena itu minumlah air putih sesuai dengan takaran yang disarankan, yaitu minimal 8 gelas per hari.

Rajin Menggunting Rambut

12 Cara Merawat Rambut KeringFoto: Dok. iStock


Cara merawat rambut kering selanjutnya adalah dengan rajin menggunting rambut. Rambut yang sudah lama tidak dipotong dan dirapikan akan berpotensi untuk kering dan bercabang. Oleh karena itu rutin memotong ujung rambutmu akan membuatnya menjadi lebihh sehat dan bebas dari rambut bercabang dan kering.

Hindari Pewarnaan Rambut


Cara merawat rambut kering yang selanjutnya adalah dengan menghindari pewarnaan rambut. Proses pewarnaan rambut melibatkan bahan-bahan kimia yang dapat membuat rambut menjadi kering. Oleh karena itu bagi para pemilik rambut kering, mewarnai rambut sangat tidak dianjurkan karena dapat memperparah kondisi rambut. Terutama jika proses pewarnaan tersebut melibatkan tahapan bleaching maka rambutmu bisa menjadi sangat kering dan rapuh.

Lindungi Rambut dengan Topi


Cara merawat rambut kering yang terakhir adalah dengan menggunakan topi. Khusunya bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, kamu wajib menggunakan topi untuk melindunginya dari terpaan sinar matahari dan cuaca ekstrim yang bisa membuat rambut menjadi kering. Selain itu, topi juga dapat melindungi rambutmu dari debu dan polusi sehingga rambutmu akan tetap bersih. Tetapi kamu juga tidak perlu menggunakan topi terlalu sering agar rambutmu bisa bernafas.

Demikianlah 12 cara merawat rambut kering yang sangat mudah dan dapat kamu lakukan di rumah. Jika kamu rajin melakukannya niscaya rambut kering, kusam, dan bercabang yang kamu miliki akan hilang. Selamat mencoba!



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)