10 Obat Tradisional Muntah dan Diare untuk Anak

Annisa Karnesyia - wolipop Jumat, 13 Nov 2020 17:03 WIB
anak sakit Obat tradisional muntah dan diare pada anak. Foto: shutterstock
Jakarta -

Muntah dan diare termasuk penyakit yang kerap dialami anak-anak. Bagaimana cara menangani muntah dan diare pada anak dengan obat tradisional?

Beberapa obat alami atau obat rumahan diyakini dapat menangani muntah dan diare pada anak. Opinion Research Corporation dalam survei yang dirilis pada 2009 mengungkapkan 40 persen orangtua mengaku tertarik dengan pengobatan alami untuk anak-anaknya.

"Orang tua menginginkan perawatan yang lembut dan alami, namun tetap efektif," kata dokter anak Hilary McClafferty, M.D, dilansir Parents.

Berikut 10 Tradisional Muntah dan Diare untuk Anak

1. Air beras

Seperti dikutip dari HaiBunda.com, air beras bisa membantu mengatasi anak muntah akibat gastritis. Beras putih adalah pilihan terbaik untuk dibuat air beras dibandingkan beras merah.

Bunda cukup siapkan secangkir beras putih dan dua gelas air. Rebus beras setengah matang dan saring sari pati yang tertinggal.

Berikan pada anak yang mengalami muntah ya, Bunda. Pemberiannya jangan dipaksakan atau pelan-pelan.

2. Air jahe

Jahe bekerja dengan baik untuk mengatasi mual dan muntah pada anak. Selain itu, kandungannya bisa mengobati penyebab diare, seperti infeksi bakteri atau gangguan pencernaan.

manfaat minum air jahe saat perut kosongAir jahe. Foto: Istimewa

Konsumsi air jahe sebagai obat tradisional bisa menenangkan si kecil yang kehilangan cairan. Air jahe juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan gejala diare.

Untuk membuatnya, Bunda cukup ambil satu buah jahe dan rebus di air sekitar lima menit, kemudian saring. Agar terasa manis, bisa ditambahkan satu sendok teh gula atau madu.

3. Madu

Madu berperan sebagai antiseptik ringan dan obat yang sangat baik untuk anak-anak dengan kondisi diare. Satu sendok teh madu organik dapat mengatasi kasus diare ringan pada anak-anak.

Cukup berikan satu sendok teh makan madu atau campur dengan bahan lain. Pilihan terbaik adalah mencampur dengan air lemon atau jahe.

4. Kaldu ayam

Kaldu ayam yang dibuat sup bisa menggantikan cairan yang hilang karena muntah dan diare. Kaldu ayam yang mengandung rendah lemak paling baik dikonsumsi, Bunda.

Selain itu, kaldu ayam mengandung natrium yang dapat meningkatkan hidrasi. Umumnya, anak yang muntah dan diare mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan.

Kaldu ayam juga mudah didapat di pasaran. Bunda bahkan juga bisa menyajikannya dengan tambahan sayur-sayuran.

Chicken bone broth in a glass jar and fresh vegetablesKaldu ayam. Foto: iStock

5. Pisang

Memberi 2-3 buah pisang bisa mengatasi diare pada anak. Jika si kecil muntah, sepotong pisang saja sudah cukup diberikan.

Pisang bekerja dengan menyeimbangkan elektrolit di dalam perut karena kandungan kalium dan pektinnya. Nutrisi tersebut membantu menyerap air dari kotoran dan mengeraskannya, sehingga menghentikan diare.

"Kalium adalah elektrolit yang hilang selama muntah atau diare. Pisang juga mengandung zat tepung dan mengikat, sehingga dapat mengurangi diare," kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis buku Belly Fat for Dummies, dilansir Everyday Health.

Lima obat tradisional muntah dan diare pada anak berikutnya bisa dibaca di sini.



Simak Video "Kenali Toxic Relationship, Apakah Hubungan Kamu Salah Satunya?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)