7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Pria, Bisa Jadi Obat Impotensi

Lukita Wardani - wolipop Senin, 19 Okt 2020 05:40 WIB
Filling a salad. A concentrated cook putting some oil into a salad Ilustrasi manfaat minyak zaitun untuk pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/Zinkevych
Jakarta -

Minyak zaitun kaya akan berbagai senyawa aktif yang telah terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan. Minyak zaitun yang akrab sebagai bahan perawatan kecantikan wanita ternyata juga bermanfaat bagi pria. Minyak zaitun bagi pria memiliki manfaat membantu menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan tulang.

Berikut lebih detailnya tujuh manfaat zaitun untuk pria:

Risiko Penyakit Jantung Menurun dengan Mengonsumsi Minyak Zaitun Murni

Makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dikaitkan dengan konsentrasi kolesterol lipoprotein (LDL) yang lebih tinggi. LDL merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Namun riset menunjukkan diet mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung dalam minyak zaitun murni bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan kemampuan minyak zaitun untuk mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kolesterol HDL secara sinergis. Studi PREDIMED menemukan bahwa asupan minyak zaitun yang tinggi dikaitkan dengan penurunan penyakit kardiovaskular dan risiko kematian pada masyarakat Mediterania.

Minyak Zaitun Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Penderita Kanker Prostat

Rekomendasi untuk pengobatan kanker prostat sering kali mencakup penurunan berat badan. Meskipun ada sejumlah strategi diet untuk menurunkan berat badan, diet yang paling manjur masih harus ditentukan. Pastinya satu studi mengungkapkan diet dari Yayasan Kanker Prostat atau diet nabati yang mencakup tiga sendok makan minyak zaitun sehari selama delapan minggu, dapat menurunkan berat badan. Riset tersebut juga mengungkapkan diet nabati menunjukkan hasil yang lebih baik, terutama dalam sensitivitas insulin dan kontrol glikemik. Lebih lanjut, para peneliti menyimpulkan bahwa diet nabati dengan minyak zaitun merupakan pola pola makan yang lebih dapat diterima dalam jangka panjang.

Minyak Zaitun Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat minyak zaitun untuk pria berikutnya adalah menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Menurut Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia, prevalensi diabetes pada pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Diabetes ditentukan oleh efektivitas insulin yang berkurang atau resistensi terhadap insulin dari waktu ke waktu.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kontrol glikemik pada orang dengan penyakit tersebut. Penelitian telah menunjukkan peningkatan glukosa postprandial (terjadi setelah makan) dapat dikurangi dengan adanya minyak zaitun.

Meningkatkan Kesuburan Pria dengan Minyak Zaitun

Vitamin E, yang ditemukan dalam kandungan minyak zaitun, telah dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan motilitas sperma. Vitamin yang larut dalam lemak ini telah terbukti melindungi membran sel sperma dari kerusakan oksidatif pada pria yang tidak subur. Meskipun sebagian besar penelitian difokuskan pada suplementasi dalam dosis tinggi, tampaknya ada peran vitamin E dari sumber makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan tentu saja, minyak zaitun. Perlu dicatat bahwa vitamin E dosis tinggi telah dikaitkan dengan kanker prostat dan oleh karena itu harus dihindari.

Minyak Zaitun Bermanfaat Memperbaiki Mood dan Kesehatan Mental

Statistik tentang masalah kesehatan mental pada pria sangat mengejutkan. Menurut Beyond Blue, satu dari delapan pria akan mengalami depresi, dan satu dari lima pria akan mengalami kecemasan pada beberapa tahap kehidupan mereka.

Penelitian baru telah menyoroti bagaimana diet dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental kita. Data dari studi PREDIMED menunjukkan bahwa penerapan diet mediterania tidak hanya melindungi hati peserta, tetapi juga mengurangi risiko depresi.

Faktanya, penelitian baru yang dilakukan di Australia mengidentifikasi hubungan 'sebab dan akibat' antara kualitas makanan dan kesehatan mental seseorang. Penelitian ini berfokus pada kualitas makanan secara keseluruhan daripada satu makanan atau nutrisi. Dan berdasarkan riset, diet mediterania, di mana minyak zaitun adalah makanan penting, terbukti bisa meningkatkan kesejahteraan mental.

Untuk pria yang ingin meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko depresi, tuangkan 2-3 sendok makan minyak zaitun ke dalam asupan harian. Ganti asupan lemak lain seperti mentega dan minyak nabati dengan minyak zaitun.

Menurunkan Risiko Impotensi dengan Minyak Zaitun

Ilmuwan dari Universitas Athena mengatakan bahwa sembilan sendok makan minyak zaitun seminggu bisa lebih baik daripada Viagra dalam meningkatkan kinerja seksual pria. Menurut sebuah penelitian terhadap 660 pria dengan usia rata-rata 67 tahun, diet Mediterania yang kaya akan buah dan sayuran, ikan, kacang-kacangan dan, yang terpenting, setidaknya sembilan sendok makan minyak zaitun seminggu, cukup untuk menurunkan risiko impotensi hingga 40 persen.

Studi tersebut menemukan bahwa minyak zaitun tidak hanya mengurangi kasus disfungsi ereksi, tetapi juga membantu membuat pria menjadi lebih sehat. Hal Itu karena minyak zaitun meningkatkan kadar testosteron dan bermanfaat melancarkan sistem peredaran darah sehingga pria merasa tidak terlalu lelah saat melakukan aktivitas seksual.

Minyak Zaitun Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang Pria

Berdasarkan riset yang dilakukan Universitas Madrid, Spanyol, minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam riset tersebut, para ilmuwan menemukan responden yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki kadar osteocalcin lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak. Osteocalcin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk tulang. Kadar osteocalcin yang tinggi menjadi penanda kesehatan tulang yang baik.

Selain itu, osteocalcin juga membantu mencegah resistensi insulin, yaitu kondisi dimana tubuh menjadi imun terhadap efek hormon tersebut. Selain menyebabkan diabetes, resistensi insulin juga menjadi salah satu penyebab tulang rapuh dan lemah.

Itulah berbagai manfaat minyak zaitun untuk pria. Jika ingin mengonsumsi minyak zaitun, carilah minyak zaitun dengan kandungan murni.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)