Ini Cara Memeriksa Kanker Payudara Sejak Dini Menurut Dokter

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 05 Okt 2020 17:58 WIB
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Cara memeriksa kanker payudara (Foto: iStock)
Jakarta -

Kanker payudara masih mengintai wanita Indonesia. Sebagai bentuk pencegahan, Anda perlu mengetahui cara memeriksa kanker payudara sedini mungkin.

Pada 2011, dokter onkologi RSPAD Gatot Soebroto, dr Saptadi Setia Basuki Sp.B Onk. pernah mengungkapkan kanker payudara merupakan pembunuh nomer satu wanita Indonesia. Meski tak mengetahui angka pastinya, dr. Saptadi mengatakan jumlah kematian wanita akibat kanker payudara lebih tinggi dibandingkan kanker serviks.

Bagaimana mencegah kanker payudara? Caranya dengan memeriksa kanker payudara sejak dini. Menurut dokter dari Universitas Harvard, dr. Nadhira Afifa, menyadari kondisi dan perubahan pada payudara sendiri bisa menjadi cara untuk mengetahui gejala kanker payudara.

"Kebanyakan pasien yang datang ke dokter sudah stadium lanjut. Sementara survivor jumlahnya jauh akan menurun jika setiap wanita bisa mendeteksi dini. Kalau pun terkena kanker atau ada riwayat keluarga yang tak bisa kita prediksi, tidak bisa kita cegah, at least kalau kita mendeteksi awal penanganannya juga sangat berbeda prosesnya mulai dari kemoterapi dan lainnya," ungkap dr. Nadhira dalam webinar peluncuran Wardah Exclusive Matte LIpcream x Ayang Cempaka Peduli Kanker Payudara, di Wardah Beauty Fest, Minggu (4/10/2020).

ilustrasi kanker payudaraCara memeriksa kanker payudara. (Foto: iStock)

dr. Nadhira menyerukan pentingnya Sadari yaitu Periksa Payudara Sendiri. Kegiatan Sadari ini bisa mendeteksi jika ada sebuah bejolan di payudara yang menjadi salah satu ciri dari kanker payudara.

Cara Memeriksa Payudara Sendiri untuk Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Mengingat pentingnya Sadari ini, dr. Nadhira pun berbagi tips bagaimana memeriksa payudara sendiri. Saat melakukan Sadari ini, cobalah dengan duduk atau berdiri di depan kaca.

"Caranya dengan menekan payudaranya mulai dari atas dan bawah, gerakan memutar dan pastikan janga sampai ada yang terlewat. Dan bejolan ini akan terasa bulat, akan keras dan tidak bisa digeser-geser (immobile). Kalau benjolan pada kanker payudara biasanya tidak nyeri," ucapnya.

Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept.Cara memeriksa kanker payudara. (Foto: iStock)

Saat memeriksa payudara untuk mencegah kanker payudara ini, usahakan kamu mengetahui apakah benjolan yang teraba, terasa nyerit atau tidak. Rasa nyeri atau tidak ini bisa membedakan apakah benjolan tersebut masuk kategori tumor jinak atau ganas.

"Kalau jinak biasanya nyeri, lunak, bisa infeksi dan mungkin itu hal lain bukan kanker. Yang kedua biasanya kulit payudara akan mengerut seperti kulit jeruk. Lalu putingnya masuk ke dalam, serta sekitar payudara mengkerut. Biasanya akan keluar cairan berupa darah," tuturnya.

Jika memang menemukan benjolan pada payudara dan tidak yakin bagaimana rasanya, dr. Nadhira menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Cara memeriksa kanker payudara sejak ini bisa menimilkan risiko terkena penyakit yang dapat menyebabkan kematian tersebut.

(dtg/dtg)