Workout From Home, 5 Virtual Exercise Ini Bisa Dicoba di Rumah

Inkana Putri - wolipop Senin, 07 Sep 2020 11:49 WIB
Portrait of serious young Caucasian woman wearing sportswear doing abdominal exercise lying on mat in gym Foto: Getty Images/iStockphoto/MangoStar_Studio
Jakarta -

Menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat perlu dilakukan, khususnya di masa pandemi ini. Pasalnya, daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita mengatakan selain mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi, rajin berolahraga juga sangat penting.

"Dalam era new normal ini, tentunya selain menjaga kebersihan, tetap menggunakan masker serta melakukan physical distancing dan menjaga pola makan yang bergizi, pastikan agar lebih optimal harus melakukan olahraga," katanya kepada Wolipop baru-baru ini.

Dr. Adeline juga menyarankan beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan selama adaptasi kebiasaan baru seperti treadmill, sepeda statis, skipping atau pun senam, jalan santai di sekitar area rumah yang tidak terlalu ramai. Namun, di masa adaptasi kebiasaan baru ini, ada baiknya untuk melakukan olahraga di rumah. Melansir berbagai sumber, berikut 5 virtual exercise yang bisa dilakukan dari rumah.

Zumba

Akhir-akhir ini olahraga zumba sedang booming di kalangan para wanita. Bahkan, tak jarang banyak wanita yang turut mengikuti kelas zumba sebagai aktivitas olahraga mingguannya. Zumba pada dasarnya merupakan olahraga yang mengkombinasikan dansa berbasis Latin. Semakin cepat ritme lagu maka akan semakin banyak pula keringat yang akan dikeluarkan. Saat ini sudah banyak instruktur lokal yang menawarkan kelas zumba virtual melalui YouTube seperti Liveloveparty, The Fitness Marshall atau Zumba Class.

Yoga

Ingin melakukan olahraga yang lebih tenang? Yoga adalah solusinya. Berbagai kelas yoga virtual dengan berbagai gerakan saat ini telah bisa diakses melalui platform digital. Bagi pemula, sebaiknya pilihlah video latihan yoga dengan gerakan-gerakan dasar. Selain menyehatkan tubuh, yoga juga bermanfaat untuk meditasi serta meningkatkan fokus dan keseimbangan tubuh. Bagi pemula, ada banyak video yoga di YouTube yang bisa jadi pilihan seperti Yoga With Adriene, SarahBeth Yoga, atau MadFit.

Fitness

Siapa bilang fitness hanya bisa dilakukan di tempat gym saja? Fitnes juga bisa dijadikan olahraga alternatif di rumah saat new normal. Pasalnya, ada beberapa gerakan fitness yang bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan alat gym seperti plank, squat jump, high knee running in place (lari di tempat). Lari di tempat bisa menjadi pengganti treadmill saat fitness. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kursi di rumah untuk melakukan gerakan step-up dan tricep drip. FitnessBlender dan PopSugar Fitness bisa jadi channel pilihan saat melakukan virtual fitness di rumah.

Cardio

Cardio atau yang juga dikenal dengan sebutan aerobik sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Cardio biasanya meliputi beberapa olahraga seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, dan lainnya. Bagi Anda yang ingin cardio di rumah, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan yang sederhana seperti jumping jack, lompat tali, naik turun tangga, atau jalan cepat di area rumah. Tak hanya bisa membakar kalori, cardio juga bermanfaat untuk menguatkan otot jantung, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, hingga menguatkan otot paru-paru. Channel PopSugar Fitness menawarkan berbagai video cardio selama 30 menit yang siap menguras energi Anda.

Boxing

Boxing juga bisa jadi pilihan aktivitas pembakar kalori yang menyenangkan, apalagi saat ini telah banyak video latihan boxing dengan berbagai gerakan yang bisa diakses gratis seperti fightTIPS dan Just Boxing. Namun untuk melakukan boxing, pastikan Anda memiliki sarung tangan dan tas pasir (samsak) atau speed bad.

Nah itulah kelima olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama adaptasi kebiasaan baru. Sebelum olahraga, pastikan juga untuk menjaga tubuh bernutrisi. Melansir Mayoclinic makan atau minum sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja latihan dan memungkinkan berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi. Tubuh juga bisa merasa lesu atau pusing saat berolahraga jika tidak mendapat asupan nutrisi.

Namun, sebelum berolahraga ada baiknya untuk mengonsumsi asupan yang ringan. Fitbar merupakan snack sehat yang terbuat dari multigrain premium dengan komposisi Australian oats, rice crispy, dan premium corn flakes sehingga disebut sebagai sumber serat. Selain itu, Fitbar mengandung vitamin dan protein sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum olahraga sebagai sumber energi. Fitbar memilih banyak varian rasa, yakni Tiramisu Delight dan Fruits Delight sehingga juga cocok dijadikan camilan praktis sehari-hari.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)