8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Lebih Sehat

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Kamis, 23 Jan 2020 05:47 WIB
Manfaat lidah buaya untuk rambut. Foto: Getty Images
Jakarta -

Aloe Vera atau lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh, termasuk pada rambut. Ada lebih dari 75 nutrisi serta manfaat lidah buaya untuk rambut lebih sehat.

Jika kamu bermimpi untuk memiliki rambut sehat berkilau, lidah buaya bisa menjadi salah satu solusinya. Manfaat lidah buaya untuk rambut tak perlu lagi diragukan. Melansir Rewardme, berikut akan dirangkum manfaat lidah buaya untuk rambut yang lebih sehat.

1. Membuat Rambut Berkilau
Rambut kusam bisa dialami oleh orang yang sering terpapar sinar matahari dan polusi. Jika kamu ingin memiliki rambut berkilau, kamu bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya. Sebab, manfaat lidah buaya untuk rambut salah satunya yaitu membuat rambut lebih berkilau alami.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Jika kamu menderita rambut rontok, maka lidah buaya menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk mengatasinya. Manfaat lidah buaya untuk rambut rontok parah terbukti dari kandungan enzim proteolitik di dalam lidah buaya yang secara alami merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga bisa memperkuat akar rambut, sehingga rambut rontok pun berkurang.

Manfaat lidah buaya.Manfaat lidah buaya untuk rambut. Foto: iStock



3. Melindungi Rambut dari Polusi Lingkungan
Partikel-partikel di dalam polusi akan merusak rambut. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yakni membentuk lapisan pelindung di rambut dan membuatnya aman dari bahaya polusi. Lidah buaya juga membuat rambut terhidrasi secara konsisten.

4. Hilangkan Gatal dan Iritasi Kulit Kepala
Saat kulit kepala gatal, kamu pasti akan langsung menggaruknya agar gatal itu hilang. Namun jika kamu menggaruk terlalu kuat, alhasil kulit kepalamu justru akan terluka dan iritasi. Nah, manfaat lidah buaya juga tak hanya untuk rambut, tapi juga bisa untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi kulit kepala karena lidah buaya mengandung sifat anti-pruritik yang kuat.

5. Hilangkan Ketombe
Ketombe bisa muncul karena berbagai hal, bisa karena makanan, rambut yang jarang dibersihkan, atau karena salah memilih shampo. Ketombe juga kerap membuat kepercayaan diri menurun. Nah, salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yakni dapat mengurangi bahkan menghilangkan ketombe. Sebab, lidah buaya memiliki sifat anti-jamur yang kuat.

Manfaat lidah buaya untuk rambut.Manfaat lidah buaya untuk rambut. Foto: Thinkstock



6. Kurangi Kulit Kemerahan Setelah Cukur Rambut
Lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Sifat ini bisa mengurangi kemerahan dan peradangan setelah mencukur rambut.

7. Kembalikan Keseimbangan pH Rambut
Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya yakni mengembalikan keseimbangan pH rambut. Diketahui bahwa tingkat pH yang ada di dalam lidah buaya berada di kisaran yang sama dengan yang dibutuhkan oleh rambut.

8. Melembapkan Rambut
Orang yang pernah melakukan smoothing, rebonding atau pernah terpapar zat kimia biasanya akan cenderung kering. Manfaat lidah buaya untuk rambut smoothing yakni sebagai kondisioner dan juga sebagai pelembap rambut. Kamu bisa mencampurkan lidah buaya dengan almond oil untuk hasil yang lebih baik.

Nah, itu dia kedelapan manfaat lidah buaya untuk rambut yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki salah satu dari masalah rambut di atas, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya. Selamat mencoba!




Simak Video "Penampilan Rambut Baru Maia Estianty yang Terkesan Mewah "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)