5 Penyebab Bau Mulut saat Menggunakan Masker

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 02 Jun 2020 06:08 WIB
Young women wearing protective face mask and protective gloves to prevent Corona virus and other diseases, going home afrer shopping groceries, Covid-19 outbreak Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika mereka memiliki napas yang berbau kurang sedap. Namun semenjak pandemi Corona yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker, bau mulut tersebut akan lebih mudah tercium dan membuat orang tersebut menyadarinya. Sebenarnya, bau mulut adalah hal yang sangat umum dan biasa, namun hal itu mungkin bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Selain itu, beberapa bau mulut juga bisa menjadi pertanda jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik.

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut dan cara untuk menghilangkannya:

1. Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk

Tidak rajin membersihkan atau menggosok gigi bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamu memiliki aroma napas yang tidak sedap. Menggosok gigi dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dan gusimu.

Sisa-sisa makanan tersebut yang jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Usahakan selalu menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dan melakukan flossing secara rutin menggunakan benang gigi. Gosok gigi dan juga bagian lidahmu karena bakteri dapat menempel pada bagian-bagian mulut tersebut.

2. Mengonsumsi Makanan Berbau

Jenis makanan yang kamu makan juga dapat mempengaruhi kualitas napasmu dan membuatnya menjadi berbau tidak sedap. Makanan-makanan yang mengandung belerang memiliki Allyl Methyl Sulfide yang dapat bertahan pada aliran darah dan membuat napasmu menjadi berbau tidak sedap kurang lebih selama 72 jam setelah kamu mengonsumsi makanan tersebut.

Beberapa makanan tersebut adalah bawang putih, telur ikan, bawang merah, kopi, dan makanan-makanan pedas. Makanan-makanan tersebut mungkin akan sulit dihindari, sehingga kamu bisa tetap memakannya dengan tetap menyeimbangkan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi air liur, seperti, parsley, lemon, wortel, dan apel. Pastikan juga kamu meminum banyak air putih. Cara-cara tersebut dapat membantu mengurangi bau mulut akibat makanan yang berbau kuat.

3. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis

Terlalu banyak makan makanan manis tentunya sangat tidak sehat bagi tubuh, selain itu juga dapat menyebabkan bau mulut. Gula adalah makanan bagi bakteri-bakteri yang hidup pada mulutmu dan ketika bakteri-bakteri tersebut mengonsumsinya, mereka akan menyebabkan napasmu jadi berbau tidak sedap. Jika kamu benar-benar ingin mengonsumsi makanan manis maka cobalah untuk mencampurnya dengan makanan yang mengandung lebih sedikit gula, seperti dark chocolate atau cokelat hitam dibandingkan dengan karamel atau gummy.

4. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan juga dapat mempengaruhi bau mulutmu. Beberapa obat-obatan seperti obat tekanan darah tinggi, depresi, kecemasan, pengurang rasa sakit, dan tegang otot dapat membuat mulut menjadi kering. Akibatnya, kamu akan memiliki napas yang berbau tidak sedap.

5. Merokok

Alasan lain mengapa kamu memiliki napas yang berbau tidak sedap adalah karena kebiasaan merokok yang kamu miliki. Bau tembakau dari rokok tidak hanya akan melekat pada pernapasanmu, melainkan juga pada pakaian yang kamu kenakan. Kamu pasti sudah tahu bukan, bahwa selain dapat membuat napasmu berbau tidak sedap, merokok juga dapat membahayakan kesehatanmu. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai berhenti dari kebiasaanmu itu.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)