Batas Normal Kolesterol, Wajib Tahu Setelah Makan Berlemak saat Lebaran

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 29 Mei 2020 06:00 WIB
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Ilustrasi kolesterol. Berapa batas normal kolesterol? Foto: iStock
Jakarta -

Kadar kolesterol biasanya berpotensi naik setelah kita menyantap hidangan-hidangan berlemak yang biasa disajikan saat Lebaran. Pertanyaannya, berapa batas normal kolesterol sih?

Pada dasarnya, kolesterol sangat dibutuhkan agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini, high-density lipoproteins (HDL) cholesterol atau kolesterol baik yang dimaksud.

Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope Foto: iStock



Sebaliknya, ada pula low-density lipoprotein (LDL) cholesterol atau kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh. Bila dikonsumsi berlebihan, kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh darah sehingga memicu berbagai macam gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit ringan seperti pusing hingga terparah seperti jantung dan stroke.

Ada pula trigliserida yang hampir sama jahatnya dengan LDL. Trigliserida juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pada 2018, Journal of the American College of Cardiology (JACC) mempublikasikan panduan batas normal kolesterol bagi orang dewasa. Dilansir dari Healthline, batas aman kolesterol gabungan adalah kurang dari 200 mg/dL (milligram per deciliter).

Alat pengecek kolesterolAlat pengecek kolesterol (Foto: shutterstock)



Jika dipisah, LDL tidak boleh melebihi 100 mg/dL. Bagi mereka yang punya riwayat penyakit jantung koroner, batas normal kolesterol jahat adalah 70 mg/dL.

Untuk mengukur, maka perlu melakukan pengecekan yang tersedia di berbagai fasilitas kesehatan. Menurut rekomendasi American Heart Association, orang dewasa setidaknya harus mengecek kolesterol mereka sekali dalam 4-6 tahun sejak usia 20 tahun.

Sebagai informasi tambahan, pria lebih berisiko mengalami kenaikan kolesterol dibanding wanita. Namun, risiko pada wanita meningkat ketika memasuki periode menopause.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)