Dear Emak-emak, Lakukan Ini Setelah dari Pasar Beli Keperluan Lebaran

Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Mei 2020 13:35 WIB
Suasana di Pasar Jatinegara tampak ramai oleh warga. Meski PSBB masih diterapkan, warga ramai-ramai datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan jelang Lebaran. Ilustrasi keramaian di pasar. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

H-2 Idul Fitri, sejumlah pasar dipadati pengunjung yang ingin mempersiapkan berbagai kebutuhan Lebaran. Di Pasar Minggu misalnya, keramaian terjadi akibat banyaknya warga berbondong-bondong belanja.

Setali tiga uang, pasar tradisional yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, juga ramai pengunjung. Rata-rata mereka belanja kebutuhan untuk persiapan Lebaran seperti daging, ayam, sayuran, bungkus ketupat, beras hingga santan.

Fenomena keramaian ini cukup disayangkan mengingat PSBB (pembatasan sosial berskala besar) masih diberlakukan terutama di Jabodetabek. Namun apa boleh buat, keinginan untuk tetap merayakan Lebaran dengan berbagai makanan dan penganan khas, membuat masyarakat nekat keluar rumah dan harus berhadapan dengan keramaian.

Suasana di Pasar Jatinegara tampak ramai oleh warga. Meski PSBB masih diterapkan, warga ramai-ramai datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan jelang Lebaran.Suasana di Pasar Jatinegara tampak ramai oleh warga. Meski PSBB masih diterapkan, warga ramai-ramai datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan jelang Lebaran. Foto: Rifkianto Nugroho


Jika kamu termasuk yang tetap ingin belanja ke pasar untuk belanja kebutuhan Lebaran, hal paling penting yang harus diperhatikan, adalah menjaga diri agar jangan sampai terpapar virus Corona. Yakni harus pakai masker, sedia hand sanitizer, belanja seperlunya dan sebisa mungkin tak menggunakan smartphone ketika berbelanja.

Lantas, bagaimana setelah pulang dari pasar? Apa saja yang mesti dilakukan agar barang belanjaan tetap higienis dan tak menularkan virus ke rumah? Ini cara yang bisa kamu lakukan.

1. Cuci Tangan dan Kaki

Pertama jangan langsung taruh barang belanjaan dari pasar ke dalam rumah. Angkut dari mobil atau motor, tempatkan di teras, lalu cuci tangan dan kaki menggunakan sabun serta air mengalir.

2. Ganti Baju

Gantilah pakaian yang kamu kenakan saat ke pasar. Hal ini penting karena kemungkinan ada paparan virus yang menempel pada baju.

Sejumlah warga berdatangan ke Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jumat (22/5/2020). Mereka datang di antaranya untuk membeli berbagai kebutuhan jelang Lebaran.Sejumlah warga berdatangan ke Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jumat (22/5/2020). Mereka datang di antaranya untuk membeli berbagai kebutuhan jelang Lebaran. Foto: Rengga Sancaya


3. Keluarkan dari Plastik

Keluarkan makanan dari plastik atau pembungkus makanan dan segera buang. Tempatkan bahan-bahan makanan dalam tiga wadah terpisah. Satu untuk kelompok sayuran dan buah, satu untuk daging atau ayam dan satu lagi untuk bungkus ketupat.

4. Bersihkan Makanan Segar

Penting untuk memastikan apakah makanan yang dikonsumsi sudah higienis. Sebelum masak, cuci tangan lagi terlebih dahulu, lalu cuci sayur, buah dan bungkus ketupat dengan air bersih. Jika ada, rendam dengan pembersih khusus bahan makanan tapi jika tidak ada, air pun sudah cukup dan hindari menggunakan sabun biasa.

"Tidak ada bukti bahwa makanan-makanan ini (sayur dan buah) bisa menularkan virus atau menjadi penyebab COVID-19," tutur Donald Schaffner, seorang mikrobiologis makanan.

Namun daging dan ayam sebaiknya jangan dicuci dengan air mentah. Mikroroganisme di dalam air justru bisa membuatnya jadi terkontaminasi.

Fresh green vegetables in packing and with onion, potatoes, garlic and oranges, grocery shopping, daily needsFresh green vegetables in packing and with onion, potatoes, garlic and oranges, grocery shopping, daily needs Foto: iStock


5. Simpan Daging dan Ayam di Freezer

Jika tidak langsung diolah, simpan daging sapi dan ayam di dalam freezer. Kamu bisa menaruhnya terlebih dahulu di dalam plastik wrap atau wadah kedap udara. Setelah itu atur temperatur freezer di angka -17 derajat atau lebih untuk mencegah perkembangan atau menonaktifkan mikroorganisme.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)