Cara Aman Tiup Kue Ulang Tahun Agar Tak Sebarkan Kuman dan Virus

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 08 Mei 2020 18:35 WIB
tiup lilin kue ulang tahun Foto: iStock
Jakarta -
Semenjak pandemi Corona merebak di hampir seluruh penjuru dunia, semua orang jadi lebih waspada dengan kesehatan dan kebersihan. Terlebih untuk hal-hal yang berkaitan dengan hidung dan mulut agar tidak tertular atau menularkan. Karena itu, tiup lilin pun menjadi hal yang dikhawatirkan. Sebuah video yang belakangan viral pun bisa jadi solusi.

TikTok tak hanya diisi oleh video-video tren tarian tapi juga tips praktis yang mungkin berguna di keseharian. Beberapa waktu lalu, muncul sebuah video yang memperlihatkan bagaimana cara meniup lilin terutama di tengah pandemi Corona seperti sekarang. Yakni dengan menempel lilin pada penutup kuenya.

Meski sedang pandemi Corona dan tidak bisa mengadakan pesta, ulang tahun tetap patut dirayakan paling dengan keluarga terdekat atau mungkin diri sendiri. Jika tidak mau menjadi risiko penyebaran virus, kamu bisa berhati-hati dengan tetap menjaga kebersihan sekitar. Seperti untuk tidak meniup lilin di atas kue yang akan dibagikan.

kue ulang tahunkue ulang tahun Foto: TikTok
Sebuah video yang berjudul 'birthday life hack' diunggah oleh Utelei Rachel Manu di TikTok ini menunjukkan caranya. Dalam video terlihat jika kue ditempeli lilin seperti kue ulang tahun kebanyakan. Tapi setelah diperhatikan, lilin ditempel bukan di kue tapi di atas plastik yang melindunginya.

kue ulang tahunkue ulang tahun Foto: TikTok
Wanita itu ternyata meneteskan lilin di bagian atas wadah penutup lalu menempelkannya seperti pada kue ulang tahun. Dengan begitu, kamu pun tak perlu takut kue terkontaminasi bakteri atau virus.

Meniup lilin di atas kue mungkin tampak tak berbahaya atau bisa menimbulkan sakit. Tapi berdasarkan studi yang dilakukan oleh Clemson University, kebiasaan yang sering dilakukan saat perayaan spesial itu bisa meningkatkan penyebaran bakter hingga 1,400%. Hal ini terjadi ketika ludah dalam mulut menyebarkan berbagai jenis bakteri pada kue dan sekitarnya ketika meniup api.



Simak Video "Ekstrem! Wanita California Ini Pandai Mainkan Juggling Pisau"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)