Curhat Ibu Anak Down Syndrome yang Kena Kanker dan Virus Corona Saat Hamil

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 04 Mei 2020 11:03 WIB
Pregnant woman suffering with nausea in morning Foto: iStock
Jakarta -
Seorang wanita bernama Sally Nuza tengah menghadapi cobaan hidup yang cukup berat. Ia adalah salah satu jutaan orang yang terinfeksi virus Corona. Tak cuma itu, Sally juga sedang bergelut dengan penyakit kanker dan hamil tujuh bulan. Dihadapkan dengan kondisi fisik yang berisiko, Sally pun mengaku tegar karena terinspirasi anaknya yang Down Syndrome.

Sally Nuza menceritakan kisah inspiratifnya menghadapi dua penyakit serius saat ia juga sedang mengandung anak. Wanita asal Inggris tersebut didiagnosa kanker payudara ketika sedang hamil tujuh bulan. Sebulan setelah ia mulai menjalani kemoterapi, Sally pun harus menerima kabar mengejutkan lain bahwa dirinya terinfeksi virus Corona.

Hal tersebut diceritakan Sally dalam acara Good Morning Britain beberapa waktu lalu. Ketika ditanya mengenai bagaimana ia bisa tetap kuat dengan kondisinya sekarang, Sally pun mengaku terinspirasi dengan anak pertamanya. Meski mengalami kondisi down syndrome, menurut Sally anaknya paling positif dan relaks.

Sally Nuza, Wanita yang Kena Kanker dan Virus Corona Ketika Hamil 7 Bulan.Sally Nuza, Wanita yang Kena Kanker dan Virus Corona Ketika Hamil 7 Bulan. Foto: Good Morning Britain
"Aku pikir sebenarnya itu karena anak-anakku yang membuatku tetap bertahan. Mereka adalah pejuang-pejuang yang hebat. Jack punya Down syndrome. Dia punya sejumlah intervensi medis selama dua tahun ini dan dia adalah anak paling positif dan relaks yang pernah kamu temui,"

"Dia adalah anak pertamaku dan untuk anak keduaku, dia harus melewati kanker denganku dan virus corona dan dia bayi yang sehat sempurna. Jadi aku hanya berkonsentrasi dengan mereka," kata Sally.

Sebelum ini, Sally juga pernah kesulitan untuk hamil anak pertamanya. Ketika hamil anak kedua yang dianggapnya sebagai sebuah keajaiban, ia pun harus melewati masa sulit lain karena virus Corona. Meski mengaku tegar karena anak-anaknya, Sally tentu punya rasa khawatir dengan penyakitnya.

Sally Nuza, Wanita yang Kena Kanker dan Virus Corona Ketika Hamil 7 Bulan.Sally Nuza, Wanita yang Kena Kanker dan Virus Corona Ketika Hamil 7 Bulan. Foto: Good Morning Britain
"Itu tentunya menakutkan tapi aku pikir aku hanya mengalami kanker stadium dua jadi itu benar-benar positif. Meski itu menakutkan, itu juga sebuah pertanyaan bagaimana menghadapinya dan semua hal yang harus aku lakukan untuk bertahan," ungkapnya.

"Minggu yang cukup berat ketika aku terinfeksi virus Corona. Satu-satunya hal yang bisa aku lakukan adalah menarik napas, itu menakutkan," ungkap Sally yang kini keadaannya mulai membaik.




Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)