Rutinitas yang Harus Dijalani Selama Puasa agar Tetap Sehat dan Tak Lemas

Hestianingsih - wolipop Kamis, 30 Apr 2020 03:30 WIB
portrait of beautiful young woman wearing hijab with a bowl of granola with fresh fruit for breakfast Apa saja kebiasaan yang perlu diterapkan selama bulan puasa ini agar manfaat puasa bisa didapatkan secara maksimal? (Foto: iStock)
Jakarta -

Puasa bisa memberikan efek positif pada tubuh apabila dijalani dengan pola hidup yang sehat. Memerhatikan pola hidup selama berpuasa sangat penting agar kamu terhindar dari maag, kenaikan berat badan dan kolesterol tinggi setelah satu bulan menjalani kewajiban umat Muslim.

Apa saja kebiasaan yang perlu diterapkan selama satu bulan ini agar manfaat puasa bisa didapatkan secara maksimal? Simak tipsnya yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Makan Sahur yang Sehat

Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein nabati, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina kamu selama puasa.

2. Kurangi Makanan Berminyak

Hindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya kamu akan sering mengantuk di siang hari.

3. Olahraga Semampunya

Lakukan olahraga secara teratur seperti biasanya, namun dengan intensitas dan frekuensi yang dikurangi. Pakar dan konsultan fitnes Dionisius Henry menyarankan juga untuk memerhatikan waktu latihan. Bagi yang bertubuh sehat, sebaiknya berolahraga seminggu tiga kali di malam hari setelah berbuka atau tarawih. Olahraga tetap perlu dilakukan saat berpuasa agar kondisi badan tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Jika terlalu lemas untuk olahraga di gym, kamu bisa melakukan olahraga ringan di malam hari seperti berjalan kaki selama 20-30 menit setelah makan malam.

4. Makan Secukupnya Saat Buka Puasa

Langsung memakan banyak makanan akan membuat perut terasa sesak akibat kapasitas lambung yang mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru dilanjutkan dengan makan besar.

5. Boleh Buka Puasa dengan Makanan Manis, Asal...

Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari 'berbuka dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula pasir atau sejenisnya. Akibatnya gula darah naik-turun secara drastis dan menyebabkan Anda cepat lemas sekaligus menaikkan berat badan. Lebih sehat berbuka dengan buah-buahan segar seperti pisang, melon, semangka atau pepaya.

6. Makan Malam Tak Berlebihan

Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah kegemukan. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa membuat kamu sulit tidur, menambah frekuensi buang air kecil sehingga bisa menimbulkan dehidrasi dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah murni tanpa tambahan gula pasir.

7. Jam Tidur Teratur

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya kamu tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Kalaupun tidur malamnya masih tidak mencukupi, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)