8 Makanan Ini Bisa Bikin Cepat Lapar, Jangan Dimakan Saat Sahur

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 25 Apr 2020 03:39 WIB
persiapan sahur pengantin baru Makanan sahur. Foto: iStock
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah saat dimana orang-orang melakukan puasa dengan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah, terlebih jika makanan yang kamu konsumsi untuk sahur tidak tepat dan bisa membuatmu lebih cepat lapar.

Agar puasamu bisa berjalan lancar dan makanan yang kamu konsumsi untuk sahur membantu mendukung hal itu, maka kamu perlu tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat sahur. Seperti dikutip dari Web MD, berikut ini delapan makanan yang bisa bikin cepat lapar dan perlu dihindari saat sahur.

1. Nasi Putih

Makanan yang satu ini tergolong makanan yang paling sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tapi ternyata, mengonsumsi nasi putih saat sahur justru dapat membuatmu menjadi lebih cepat lapar. Hal itu dikarenakan nasi putih dapat menghancurkan dan membuat gula darahmu melonjak. Pada akhirnya, kamu akan kembali lapar lagi.

Makan nasi putihNasi putih Foto: iStock

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih nasi basmati atau beras merah. Keduanya bisa membuatmu kenyang lebih lama dibandingkan nasi putih. Selain itu, cobalah untuk memasaknya dengan tidak terlalu matang berlebihan atau lembek.

2. Putih Telur

Jika kamu menginginkan makanan sahur yang bisa kenyang lebih lama maka jangan hanya memakan putih telur dan menyisakan kuningnya. Hal itu akan membuatmu kehilangan kalori sehingga kamu akan lebih cepat lapar. Jika kamu ingin kenyang lebih lama maka konsumsi putih telur beserta kuningnya.

Kuning telur mengandung protein lengkap alami yang berasal dari asam amino yang dimilikinya. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk membangun sel pada tubuh. Selain itu, menurut penelitian terbaru, jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam satu telur utuh tidak akan berdampak buruk bagi dirimu.

3. Sereal dengan Pemanis Buatan

Sereal merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi orang-orang untuk sarapan pagi karena alasan kepraktisannya. Jika kamu juga suka makan sereal untuk sahur dengan alasan praktis, pertimbangkanlah lagi. Karena ternyata kebanyakan sereal, khususnya sereal dengan pemanis buatan justru dapat membuatmu lebih cepat lapar, sehingga sangat tidak cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Hal itu dikarenakan sereal dapat mempengaruhi gula darah yang kamu miliki dan membuatmu menjadi lebih lapar. Rasa lebih cepat lapar itu bisa terjadi karena mungkin saat mengonsumsi sereal, kamu hanya mendapatkan rasa manis tanpa kalori sehingga tubuhmu masih mencari kalori tersebut.

4. Jus Buah

Makanan selanjutnya yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur adalah jus buah. Hal itu dikarenakan jus buah tidak memiliki serat dari buah asalnya. Itulah mengapa mengonsumsi buah seperti apel atau anggur secara langsung justru dapat membuat merasa kenyang dan juga memperlambat aliran gula ke dalam aliran darah.

Jus Buah.Jus Buah. Foto: iStock

Jus buah atau buah yang kamu konsumsi tanpa serat akan membuatmu lebih cepat lapar karena dapat membuat gula darahmu melonjak dengan cepat dan kemudian jatuh. Oleh sebab itu jika ingin menjadikan buah sebagai makanan sahurmu maka alangkah lebih baik jika kamu mengonsumsinya secara langsung.

5. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih tidak akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu lama. Hal itu dikarenakan roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi dari biji-bijian utuh yang dapat membuatmu kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih mengonsumsi roti gandum untuk sarapan atau makanan sahurmu.

6. Kentang Goreng

Makanan yang perlu kamu hindari selanjutnya untuk dijadikan sarapan atau santapan sahurmu adalah kentang goreng. Kentang yang digoreng menggunakan minyak dan ditaburi garam atau perasa lainnya akan membuat kentang tersebut kehilangan sebagian besar kekuatannya untuk menjagamu tetap kenyang. Selain itu, kentang goreng juga memiliki lebih banyak lemak dibandingkan dengan kentang biasanya.

Kentang goreng.Kentang goreng. Foto: DronG

Sebagai gantinya, kamu bisa merebus atau memanggang kentang yang akan kamu konsumsi. Hal itu akan membantumu untuk kenyang lebih lama.

7. Donat

Donat mengandung banyak gula yang dapat menumpuk kalori tanpa memberikan nutrisi apapun bagi tubuh. Tepung putih pada donat akan cepat terurai dalam tubuh dan menjadi gula. Hal itu akan menghancurkan serta meningkatkan gula darahmu. Pada akhirnya, kamu akan merasa lapar dengan lebih cepat.

8. Croissant

Meskipun bukan makanan umum saat sahur, orang yang memang menyukai roti bisa terpikir untuk makan croissat saat sahur. Sayangnya croissant bukanlah pilihan yang tepat untuk dimakan saat sahur karena bisa membuatmu menjadi cepat lapar.

Croissant banyak mengandung lemak da tepung putih. Hal itu hanya akan membuatmu memperoleh banyak kalori tanpa memberikan rasa kenyang yang bertahan lama. Jika kamu menginginkan makanan sahur yang dapat membuatmu kenyang lebih lama, cobalah telur rebus dan roti tawar gandung.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)