Penyebab dan Cara Mencegah Meningitis, Seperti yang Diderita Glenn Fredly

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 10 Apr 2020 15:00 WIB
Woman character with symptoms and prevention of meningitis. Medical vector infographics, poster Penyebab, gejala dan cara mencegah meningitis. Foto: Getty Images/iStockphoto/artbesouro
Jakarta -

Meningitis meningokokus adalah penyakit infeksi yang dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh. Meningitis berpotensi besar mengakibatkan kerusakan otak hingga kematian. Penyanyi Glenn Fredly termasuk salah satu yang kehilangan nyawanya karena meningitis. Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020).

Seperti dikutip dari Columbia Neurology, meningitis adalah infeksi dan radang selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh reaksi terhadap obat-obatan tertentu atau perawatan medis, penyakit radang seperti lupus, beberapa jenis kanker, atau cedera traumatis pada kepala atau tulang belakang. Namun yang menjadi penyebab paling umum adalah infeksi oleh virus, bakteri, parasit, atau jamur.

Cara Penyebaran Meningitis

Seperti dikutip dari Healthline, meningitis meningokokus paling sering disebabkan oleh jenis bakteri yang bernama Neisseria Meningitidis. Sekitar satu dari sepuluh orang dapat memiliki kuman tersebut di hidung atau tenggorokan tanpa memiliki gejala penyakit. Orang-orang tersebut yang kemudian disebut sebagai pembawa yang dapat menginfeksi orang lain. Berikut ini beberapa cara penularan dan penyebaran bakteri penyebab meningitis:

1. Berciuman dengan mulut yang terbuka
2. Berbagi makanan atau peralatan dengan orang lain
3. Batuk
4. Bersin.

Orang yang rentan dan terpapar oleh bakteri tersebut dapat mengembangkan infeksi yang menyebabkan meningitis. Infeksi tersebut selanjutnya akan mempengaruhi jaringan halus yang membungkus otak dan sumsum tulang belakang. Jaringan halus dan tipis itu yang disebut meninges.

Meningitis meningokokus adalah infeksi serius pada meninges dan cairan serebrospinal. Peradangan dan pembengkakan pada jaringan tersebut yang kemudian dapat memberikan tekanan berbahaya pada otak atau sumsum tulang belakag.

Cara Mencegah Meningitis

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah risiko terinfeksi meningitis, berikut ini cara-caranya:

1. Vaksin
Vaksinasi membentuk sistem kekebalan terhadap bakteri yang menyebabkan meningitis meningokokus. Pakar kesehatan merekomendasikan vaksinasi rutin terhadap empat dari lima serogroup (kelompok berdasarkan antigen yang dihasilkan) penyakit meningokokus utama (A, C, W dan Y) yaitu pada usia 11-12 tahun dan dengan tambahan booster pada usia 16 tahun. Orang dewasa muda yang berusia antara 16 hingga 23 tahun juga harus mulai bertanya mengenai vaksinasi serogroup B.

Vaksin yang ada saat ini dapat mencegah sebagian besar jenis meningitis paling umum. Orang yang tidak divaksinasi dan terinfeksi meningitis harus segera berobat ke dokter. Umumnya, dokter akan meresepkan antibiotik profilaksis. Antibiotik tersebut dapat mencegah penyakit menular pada orang yang baru saja terpapar.

Pastikan kamu juga telah melakukan vaksinasi sebelum pergi ke daerah-daerah tertentu di mana penyakit ini biasa terjadi. Misalnya, di daerah Afrika sub-Sahara.

2. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan juga penting dan dapat membantu menghindari risiko infeksi meningitis. Meningitis meningokokus menyebar melalui kontak dengan saliva (air liur) atau sekresi hidung orang yang terinfeksi. Oleh karena pastikan barang-barang yang kamu gunakan bersih dan terhidar dari kuman.

3. Hindari Hal-hal yang Mengandung Air Liur
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa meningitis menyebar melalui air liur. Jadi cobalah untuk menghindari berbagai macam peralatan bersama yang mungkin mengandung air liur. Jangan berbagi makanan atau minuman di dalam wadah yang sama dengan orang lain. Selain itu, hindari berciuman dengan mulut terbuka bersama orang yang terinfeksi.

Kelompok yang Rentan Terinfeksi Meningitis

Beberapa kelompok tertentu lebih rentan terinfeksi meningitis, mereka di antaranya:

1. Mahasiswa baru yang tinggal di asrama.
2. Orang dengan limpa yang rusak atau tidak memilikinya.
3. Pekerja laboratorium yang secara rutin bekerja dengan N. meningitidis.
4. Orang dengan gangguan kesehatan difisiensi komponen komplemen.

Itulah penyebab dan cara menghindari meningitis serta siapa yang rentan terkena penyakit ini.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)