Seberapa Sering Harus Cuci Masker Kain Setelah Dipakai? Ini Saran Pakar

Hestianingsih - wolipop Selasa, 07 Apr 2020 13:00 WIB
Masker kain bisa dijadikan masyarakat sebagai alternatif masker medis yang mulai langka, karena masker kain juga dapat menangkal penularan virus corona. Masker kain jadi alternatif di tengah wabah virus corona. Foto: AP Photo
Jakarta -

Pemerintah kini mewajibkan semua orang yang sehat memakai masker kain saat keluar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Hal ini pun sejalan dengan anjuran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Berbeda dengan masker medis yang harus dibuang setelah digunakan, masker kain bisa dipakai kembali setelah dicuci bersih. Lalu bagaimana cara mencuci masker kain agar bersih maksimal dan bisa digunakan lagi dengan aman? Selain itu seberapa sering masker harus dibersihkan?

Sejauh ini tidak ada pakem atau aturan pasti tentang frekuensi mencuci masker kain yang tepat. Dr. William Schaffner, direktur medis dari National Foundation for Infectious Diseases di Bethesda, Maryland, mengatakan masker bisa dicuci seminggu sekali selama tidak kotor atau bau. Dengan catatan, apabila masker tidak digunakan setiap hari.


"Kamu kan juga tidak memakainya sering-sering. Baru menggunakannya ketika keluar rumah untuk beli obat atau ke supermarket," kata Dr. William, seperti dikutip dari Today.

Sementara itu pakar virologi dan epidemiologi Joseph Fair merekomendasikan untuk mencuci masker setiap dua kali pemakaian. Tapi sangat disarankan langsung membersihkannya jika saat di luar rumah kamu berpapasan dengan orang yang batuk-batuk atau bersin.


Bagi yang harus pakai masker setiap hari, ada baiknya menyediakan sedikitnya dua masker kain, untuk alasan kepraktisan. Sehingga kamu bisa mencucinya setiap hari secara bergantian dan tidak harus menunggu cuci-kering-pakai.

Cara membersihkan masker kain sama seperti mencuci pakaian atau bahan pada umumnya. Kamu bisa mencucinya dengan air dan deterjen lalu dikucek, disikat atau dimasukkan ke mesin cuci bersama pakaian lainnya. Setelah bersih jemur di bawah sinar matahari hingga kering dan masker kain aman dipakai kembali.



Simak Video "Pasutri Asal China Ini Bikin Masker Berbahan Sneakers Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)