Masker Bedah Asli atau Palsu, Ini 5 Cara Membedakannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 06 Apr 2020 17:32 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Foto: Istock/Cara membedakan masker bedah asli atau palsu
Jakarta -

Masker bedah yang kini dibutuhkan karena virus corona semakin merajalela, stoknya semakin langka di pasaran. Padahal masker bedah ini menjadi alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis yang setiap harinya menangani pasien corona.

Dan kini masker bedah juga semakin dicari karena pemerintah sudah mewajibkan semua orang, baik yang sakit atau tidak, untuk memakai masker. Seruan dari pemerintah ini juga sesuai dengan saran terbaru dari WHO, organisasi kesehatan dunia.

Meningkatnya permintaan masker dengan standar medis ini, membuat oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan dengan cara melakukan tindakan kriminal yaitu memalsukannya. Masker palsu yang beredar menambah rasa kecemasan dan kepanikan masyarakat.



Bagaimana cara membedakan masker bedah asli dan palsu? Ternyata cara membedakan masker asli dan palsu mudah dilakukan di rumah.

Melalui chanel YouTube, situs e-commerce Gearbest melakukan percobaan untuk mengetahui perbedaan masker bedah asli dan palsu. Berbagai percobaan dilakukan dengan memakai kedua jenis masker tersebut. Berikut ini cara mudah untuk mengetahui apakah masker bedah yang kamu miliki asli atau palsu, sesuai percobaan Gearbest:

Cara 1:

masker asliCara membedakan masker bedah asli atau palsu. Foto: Screenshot/Youtube Gearbest


Ambil masker bedah dan gunting sisi kiri dan kanannya. Lalu ambil bagian lapisan kedua masker bedah, kemudian tes dengan cara membakarnya menggunakan korek api. Jika masker asli, lapisannya akan meleleh dan hancur saat dibakar. Namun kalau maskernya malah terbakar hingga gosong, berarti masker yang kamu punya adalah palsu.

Cara 2:

masker asliCara membedakan masker bedah asli atau palsu. Foto: Screenshot/Youtube Gearbest


Selanjutnya untuk mengetahui masker bedah kamu asli atau tidak, kamu bisa mencoba dengan menguji dengan air. Persiapkan dua masker bedah, kemudian isi dengan air secukupnya. Jika masker asli, air tidak akan tumpah, rembes atau pun bocor. Nah, kalau masker yang terkena air langsung rembes dan bocor itu tandanya masker kamu palsu.



Cara 3

masker asliCara membedakan masker bedah asli atau palsu. Foto: Screenshot/Youtube Gearbest


Ada lagi cara sederhana yang bisa kamu tes nih, yaitu dengan uji adsorpsi elektrostatis. Caranya mudah, kamu bisa menyiapkan dua masker bedah dan potongan kertas yang sudah digunting kecil tipis. Setelahnya taruh potongan kertas di atas meja dan posisikan masker di atasnya. Jika masker asli, kertas tersebut akan menempel pada permukaan masker. Namun apabila kertas tersebut tidak menempel tandanya masker kamu palsu.

Cara 4

masker asliCara membedakan masker bedah asli atau palsu. Foto: Screenshot/Youtube Gearbest


Kamu bisa menguji apakah masker bedah yang dimiliki asli atau palsu dengan memakai cahaya. Masker bedah asli, jika terkena cahaya tidak terlalu tembus pandang dan tidak berkerut. Namu jika masker tersebut berkerut dan tembus pandang maka masker bedah kamu palsu.

Cara 5

masker asliCara membedakan masker bedah asli atau palsu. Foto: Screenshot/Youtube Gearbest

Untuk menguji apakah masker bedah tersebut asli atau palsu bisa dengan meniup api dengan mulut yang ditutup masker. Caranya, pakai masker bedah, kemudian nyalakan korek api. Tiup api dalam kondisi mulut tertutup masker. Dalam percobaan yang dilakukan Gearbest, api sulit padam ketika mulut tertutup masker bedah asli. Sebaliknya api langsung padam saat ditiup dengan mulut yang tertutup masker bedah palsu. Masker bedah yang asli dapat membantu dalam filtrasi gas dan cairan, sehingga sulit untuk memadamkan api dengan mulut yang tertutup masker.

Nah, bagaimana mudahkan? Sekarang kamu bisa mencari tahu apakah masker bedah yang telah kamu beli di pasaran atau ecommerce, asli atau tidak.



Simak Video "Pasutri Asal China Ini Bikin Masker Berbahan Sneakers Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)