Ngemil Terus Selama WFH? Ini Cara Agar Kamu Nggak Naik Berat Badan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 31 Mar 2020 14:16 WIB
Ilustrasi Camilan Foto: shutterstock
Jakarta -
Ada yang jadi lebih repot tapi banyak orang cenderung bekerja lebih santai selama masa 'work from home' atau WFH untuk menghindari penyebaran virus Corona. Saat bekerja di rumah, para profesional bisa memakai busana kasual selagi menonton televisi atau ngemil. Sayangnya hal ini bisa jadi berita buruk untuk kesehatan dan berat badan. Agar tetap sehat dan tidak naik berat badan selama WFH, berikut tipsnya.

1. Ubah Mindset
Kadang memang sulit menahan godaan untuk tidak ngemil dan jajan selama masa WFH. Terlebih jika kamu memang punya stok atau mudah membeli makanan. Salah satu cara untuk tidak makan camilan sembarangan adalah mengubah mindset. Tak jarang orang makan berlebihan karena mereka merasa butuh dihadiahi di saat-saat sulit. Karenanya, singkirkan pikirkan seperti ini.

"Semakin banyak dari kita mulai bekerja dari rumah dan membatalkan rencana seperti pergi minum atau bertemu seseorang, mindset kita terbiasa menerima hadiah ketika kita merasa sedih atau down. Mindset kita berkata bahwa kita berhak menerima hadiah tapi mindset kita harus diubah," kata nutrisionis Yvonne Wake kepada Cosmopolitan.

2. Stok Camilan yang Tepat
Wajar jika kamu merasa lapar sebelum jam makan atau ingin menghibur hari kerja di rumah dengan camilan. Jika ingin berat badan dan kesehatan terjaga, stoklah camilan yang tepat. Hindari memilih banyak snack yang kurang sehat dan membelinya dengan perut lapar.

"Jangan pergi ke supermarket kalau kamu merasa lapar. Kamu akan mudah membeli makanan yang tidak sehat dekat kasir. Hindari ngidam dengan makan siang terlebih dahulu," kata Yvonne yang juga menyarankan membeli makanan tinggi karbohidrat kompleks di supermarket, seperti pisang, apel, quinoa, sayuran, kacang-kacangan.

3. Pilih yang Mengandung Tryptophan
Jika bisa pilih camilan dan makanan yang mengandung tryptophan. Tryptophan adalah asam amino esensial yang akan membantu tubuh membuat protein dan serotonin untuk mengontrol mood dan pola tidur.

"Makanan-makanan yang mengandung asam amino termasuk pisang, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur, semuanya bagus untuk menjadi camilan kecuali salmon. Ayam kalkun juga bagus untuk mendorong tingkat serotonin yang akan membantu menstabilkan mood," ujarnya.

4. Masak yang Bergizi
Selama pandemi virus Corona, disarankan untuk lebih banyak memasak makanan sendiri ketimbang membeli untuk alasan kebersihan. Kamu pun bisa membuat makanan atau camilan sehat sendiri yang sekaligus bisa dijadikan kegiatan produktif untuk mengisi waktu luang. Dengan menyibukkan diri, keinginan untuk ngemil pun jadi berkurang.

5. Minum Air
Salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan selama pandemi virus Corona adalah banyak minum air putih. Selain air, kamu pun bisa mencoba teh herbal atau teh hijau untuk mencegah rasa ingin ngemil berlebihan dan membuat perut terasa kenyang.

6. Tetap Olahraga
Selama masa WFH mudah untuk jadi malas bergerak terlebih adanya pemerintah untuk melakukan 'physical distancing'. Tapi jika bisa tetaplah berolahraga atau paling tidak banyak bergerak. Di rumah, kamu dapat melakukan berbagai latihan fisik, membereskan furniture, berkebun, atau jalan-jalan di sekitar perumahan agar tetap sehat dan tidur pulas.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)