Virus Corona Bisa Nempel di Sayur dan Buah, Ini Cara Mencucinya Kata Pakar

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 30 Mar 2020 12:45 WIB
Mencuci sayuran Foto: iStock
Jakarta -
Di tengah pandemi virus Corona, kesehatan menjadi atensi utama hampir semua orang. Tak cukup hanya dengan mencuci tangan dan menjauhi keramaian, kebersihan makanan juga menjadi perhatian. Salah satunya adalah bahan makanan, seperti buah dan sayur yang dijual di pasar atau supermarket. Pakar pun mengaku virus Corona bisa menempel di sana seperti di kebanyakan permukaan lain.

Disampaikan spesial infeksi Timothy Newsome bahwa virus Corona bisa saja menempel sayuran dan buah. Apalagi bahan makanan itu sering dipegang oleh orang lain yang mungkin membawa Covid-19. Di saat-saat seperti ini, sebaiknya kita pun lebih waspada dan memastikan apa yang dikonsumsi benar-benar bersih.

"Kita harus ingat bahwa setiap permukaan berpotensi terkontaminasi. Dan seperti permukaan lain ada risiko. Kita tidak melihatnya sebagai risiko tinggi karena itu datang dari kontak berkelanjutan dengan orang lain, tetap saja penting untuk berhati-hati," ungkapnya dilansir Femail.

Lalu bagaimana cara mencuci buah dan sayur yang baik? Jika biasanya, Anda hanya membilas dengan air, kini lebih baik gunakan pula sabun. Anda dapat menggunakan sabun khusus sayur dan buah yang dijual di pasaran. Caranya bukan dicuci seperti busana tapi direndam dalam air. Timothy pun menganjurkan pemakaian air hangat.

"Cuci dengan air hangat bersabun, kamu juga harus cuci tangan (sebelumnya)," kata Timothy.

Beberapa waktu lalu viral pembelanja yang menggunakan setelan medis untuk berbelanja di supermarket. Hal tersebut tak selalu perlu dilakukan selagi Anda menjaraki diri masing-masing. Untuk berjaga-jaga, para pembelanja bisa menggunakan sarung tangan, membawa hand sanitizer, segera berganti busana sesampai di rumah, dan mencuci tangan setelahnya.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)