Virus Corona Bisa Terbawa di Tas, Ini 5 Cara Cegah Penyebarannya

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 15 Mar 2020 09:44 WIB
tas Son Ye Jin Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Semakin banyaknya pasien Covid-19 di Indonesia membuat orang semakin sadar pentingnya menjaga diri dari paparan virus. Mencuci tangan atau memakai masker memang bisa membantu menghindarkan kamu dari penularannya. Tapi selain itu, kebersihan barang-barang pribadi yang sering disentuh sehari-hari juga patut diperhatikan. Salah satunya adalah tas yang bisa membawa dan menyebarkan virus Corona.

1. Tambahkan Scarf di Pegangannya
Dikatakan bahwa tas dapat menyimpan lebih dari 10 ribu tipe bakteri yang artinya benda itu bisa lebih kotor dari toilet. Karenanya bukan tidak mungkin, tas ikut membawa dan menyebarkan virus Corona. Salah satu cara agar Anda tidak terpapar adalah dengan melilitkan scarf di bagian pegangannya jika tas tersebut berupa hand bag atau tote bag. Bagian pegangan sering jadi area tempat bakteri berkembang terlebih karena minyak dari tangan menyerap di sana.

Charlotte Staerck dari Here Handbag Clinic mengatakan aksesori itu dapat memberi kesan stylish sekaligus mencegah virus dan bakteri transfer ke tangan. Pastikan pula untuk mengganti scarf secara berkala dan sering mencuci tangan.


2. Pisahkan Kosmetik di Tas Lain
Untuk mencegah virus Corona, disarankan untuk memisahkan kosmetik dalam sebuah tas kecil. Kosmetik yang tercecer di tas juga bisa mempercepat penyebaran Corona jika tas membawa virus tersebut terlebih produk-produk tersebut dipakai langsung ke wajah. Jika ingin memastikan kosmetik bersih dari virus, Anda bisa menyimpannya semalam di freezer.

3. Jangan Taruh di Tempat Tidur
Tas yang dibawa ke berbagai tempat, termasuk kamar mandi bisa menyimpan banyak kuman, bakteri, juga virus. Karenanya, jangan menaruh tas di tempat-tempat seperti sofa atau tempat tidur di mana kamu sering berlama-lama di sana. Jika bisa simpan tas di tempat terpisah bertemperatur sejuk yang tidak terpapar matahari untuk mencegah penyebaran bakteri.



4. Jangan Masukkan Sampah
Hindari menjadikan tas seperti tempat sampah. Artinya jangan menyimpan sampah dan barang-barang tidak berguna, seperti bon lama atau bungkus makanan di dalamnya. Hal tersebut juga bisa membuat tas semakin kotor. Apalagi jika Anda juga menaruh handphone di dalamnya. Sering dipakai, handphone bisa saja membawa bakteri dan virus ke tubuh kamu.

5. Perhatikan Kebersihannya
Meski tidak terlihat kotor, sebaiknya bersihkan permukaan tas secara berkala. Disarankan untuk paling tidak mengelapnya enam bulan sekali dan sebulan sekali jika dipakai setiap hari. Hindari menaruhnya di tempat-tempat kotor, seperti lantai kamar mandi.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/eny)