Obat Virus Corona Belum Ada, Ini Tips Agar Kamu Terhindar COVID-19

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 14 Mar 2020 13:12 WIB
coconut oil and fresh coconuts on old wooden table Obat virus corona belum ditemukan. Oleh karena itu, kita perlu memproteksi diri agar tak tertular virus mematikan tersebut. (Foto: iStock)
Jakarta -

Obat virus corona belum ditemukan bahkan hingga virus tersebut dinyatakan sebagai pandemi global. Maka penting bagi kita untuk menjaga diri agar terhindari dari penularan virus corona.

Organisasi kesehatan dunia WHO akhirnya secara resmi menaikkan status virus corona menjadi pandemi. Penetapan tatus tersebut menyusul terjadinya 118 ribu kasus virus corona di lebih dari 110 negara. Di Indonesia sendiri, sudah ada 69 orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona.

Di saat yang bersamaan, para ilmuwan dunia terus berupaya mencari obat virus corana untuk menyembuhkan mereka yang terinfeksi COVID-19. Di London, Inggris, ilmuwan dari Pusat Inovasi Queen Mary BioEnterprises akan menguji coba vaksin anti-coronavirus.



Dikabarkan Daily Mail, mereka membutuhkan 24 relawan untuk mengetes keberhasilan obat virus corona tersebut. Upah sebesar 3.500 poundsterling atau Rp 65 juta telah menanti mereka yang berminat menjadi 'kelinci percobaan'.

Sembari menunggu kabar baik akan kehadiran obat virus corona, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan guna memproteksi diri agar tak tertular virus mematikan tersebut:

1. Cuci tangan secara rutin

Obat Virus Corona Belum Ada, Ini Tips Agar Kamu Terhindar COVID-19Cuci tangan secara rutin agar tak tertular virus corona. (Foto: shutterstock)

Telapak tangan merupakan salah satu sarang favorit bakteri dan virus yang menjadi sumber penyakit, tanpa terkecuali virus corona. Maka itu, penting untuk mencuci tangan secara rutin. Menurut anjuran Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bersihkan tangan dengan sabun dan air yang mengalir sekurangnya 20 detik setelah kamu berada di area publik. Pastikan kamu juga mencuci tangan seusai bersin, batuk atau membersihkan kotoran hidung. Jika air tak tersedia, bersihkan tangan dengan hand sanitizer.


2. Hindari kontak fisik

Obat Virus Corona Belum Ada, Ini Tips Agar Kamu Terhindar COVID-19Menjaga jarak dengan orang sakit. (Foto: shutterstock)

Jangan melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang sakit. Berdasarkan imbauan WHO, kamu perlu jaga jarak dengan mereka yang batuk atau bersin sekitar 1 meter. Kita tidak pernah tahu bila orang yang sakit itu ternyata terinfeksi virus corona.


3. Jangan pegang hidung, mata dan mulut

Obat Virus Corona Belum Ada, Ini Tips Agar Kamu Terhindar COVID-19Jangan memegang hidung jika tak ingin tertular virus corona. (Foto: Thinkstock)

Kenapa? Tanpa disadari, tangan kita sudah berkali-kali memegang obyek yang belum tentu steril dari virus corona. Ketika terkontaminasi, tangan dapat mentransfer virus ke mata, hidung dan mulut. Dari situ, virus corona akan masuk ke dalam tubuh dan bikin tubuh sakit.

4. Jaga imunitas tubuh

Obat Virus Corona Belum Ada, Ini Tips Agar Kamu Terhindar COVID-19Makanan sehat untuk meningkatkan imunitas agar tubuh kebal dari virus corona. (Foto: iStock)

Tubuh yang sehat akan kebal dari penularan virus corona. Oleh karena itu, terapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dan minimun bernutrisi serta rutin berolahraga untuk meningkatkan imunitas. Suplemen seperti vitamin atau jamu dari tanaman herbal juga bisa menjadi andalan.



Simak Video "Sejumlah Pernikahan Tetap Berjalan di Tengah Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)