Updated

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah, Gampang!

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 02 Mar 2020 16:02 WIB
Closeup of a hand pouring sanitizer in the other, isolated on white background. Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah, Foto: Getty Images
Jakarta -

Hand sanitizer kini jadi benda yang banyak dicari seiring pengumuman dari Presiden Jokowi bahwa sudah ada WNI yang positif Corona. Sejak virus Corona merebak, hand sanitizer bahkan menjadi barang langka karena biasanya cepat habis di berbagai toko persediannya.

Kamu termasuk yang kehabisan hand sanitizer? Tenang, kamu bisa membuat sendiri antiseptik alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Seperti dikutip dari welnessmama, berikut ini cara membuat hand sanitizer sendiri.

Bahan-bahan:

160 ml alkohol 70%
10 tetes tea tree essential oil
10 tetes minyak essential lavender
1/4 cup aloe vera gel
1/2 sendok teh minyak vitamin E (opsional)
1 botol spray plastik atau kaca ukuran kecil


Cara membuat hand sanitizer:



- Campurkan aloe vera gel, minyak vitamin E dan alkohol 70% di mangkuk kecil.
- Tambahkan campuran tersebut dengan minyak essential lavender dan tea tree essential oil.
- Gunakan pipet untuk memasukkan campuran semua bahan-bahan tersebut ke botol plastik atau kaca.
- Kocok isi botol. Hand sanitizer buatan sendiri siap digunakan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah, Gampang!Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah, Foto: ilustrasi/thinkstock



Formula dari hand sanitizer alami yang dibuat sendiri di rumah ini mirip dengan hand sanitizer yang dijual di toko. Kandungan alkohol 70% yang ada di dalam hand sanitizer bisa membunuh sebagian besar bakteri dan beberapa virus. Sedangkan formula aloe vera dan vitamin E bermanfaat untuk melembabkan kulit. Dan minyak essential seperti tea tree serta lavender memiliki kandungan antibakteri.

Yang perlu kamu ingat dalam penggunaan hand sanitizer ini, gunakanlah secukupnya. Hand sanitizer sebenarnya hanyalah alternatif darurat saat kamu tidak bisa cuci tangan memakai sabun.

Cuci Tangan Lebih Efektif dari Hand Sanitizer



Cara paling efektif dalam mencegah virus Corona yang kini sudah sampai di Indonesia adalah dengan mencuci tangan memakai sabun. Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat mengumumkan cara-cara terbaik untuk mencegah tertular virus corona. Ada tiga hal mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona:

1. Cuci tangan yang benar memakai sabun dan air. Lakukan cuci tangan setidaknya selama 20 detik.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan tangan yang belum dicuci.
3. Hindari kontak dengan orang yang sakit.

Cuci tangan yang benar memakai sabun berada di urutan pertama langkah pencegahan virus corona yang diungkapkan Centers for Disease Control and Prevention. Cuci tangan memang sangatlah penting agar kita selalu higienis dan mencegah risiko penularan kuman maupun bakteri penyebab penyakit. Selain melindungi diri sendiri, kebiasaan baik ini juga melindungi orang lain ketika bersalaman atau berpegangan tangan.




Simak Video "Sejumlah Pernikahan Tetap Berjalan di Tengah Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)