Begini Cara Aman Membersihkan Ponsel untuk Cegah Tertular Virus Corona

Hestianingsih - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 06:30 WIB
ilustrasi smartphone Foto: iStock/Cara Aman Membersihkan Ponsel untuk Cegah Tertular Virus Corona
Jakarta -

Virus Corona membuat semua orang lebih sering cuci tangan dan pakai hand sanitizer. Imbauan dari World Health Organization, Centers for Disease Control and Prevention dan lembaga pemerintahan di berbagai negara memang menyebut kalau menjaga kebersihan tangan setiap saat memang jadi salah satu cara yang efektif untuk cegah penularan virus Corona.

Tapi di saat banyak orang terlalu fokus menjaga kebersihan tangan mereka, ada satu hal yang tak kalah penting, yang justru terabaikan yakni smartphone. Ya, gadget satu ini sulit lepas dari kehidupan sehari-hari bahkan ada beberapa yang tak bisa hidup tanpa smartphone.

Namun kebersihan smartphone justru tak terlalu dipedulikan di tengah mewabahnya virus Corona jenis baru COVID-19. Faktanya, smartphone juga berpotensi tinggi menjadi 'agen' penyebar virus dan bakteri penyebab penyakit.

Begini Cara Aman Membersihkan Ponsel untuk Cegah Tertular Virus CoronaFoto: Thinkstock


Kita membawa smartphone hampir ke mana saja. Saat di kereta, bus, makan, bahkan ke toilet. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dscout, rata-rata orang memegang ponselnya 2.600 kali sehari dan menggunakannya sekitar 76 kali sehari.

Seperti benda-benda lainnya, smartphone juga bisa terkena virus Corona apabila ada seseorang bersin atau batuk di dekat kamu. Smartphone juga bisa terpapar virus dari tangan kamu sendiri jika sebelumnya kamu menyentuh permukaan yang terkena tetesan air liur seseorang terinfeksi virus Corona.


Seperti dikutip dari Metro, sejumlah bukti menunjukkan bahwa virus Corona COVID-19 bisa bertahan di permukaan ponsel selama hampir seminggu. Maka dari itu sangat disarankan kamu juga membersihkan ponsel sesering kamu cuci tangan.

"Kamu mungkin sudah cuci tangan, tapi begitu kamu menyentuh layar smartphone kemudian memegang wajah bisa berpotensi menyebarkan infeksi," jelas Profesor William Keevil dari University of Southhampton, seperti dikutip dari Metro.

Begini Cara Aman Membersihkan Ponsel untuk Cegah Tertular Virus CoronaFoto: istimewa


Lantas bagaimana membersihkan smartphone dari kuman secara maksimal? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Jangan bersihkan smartphone atau ponsel ketika masih tersambung dengan listrik. Cabut semua perangkat listrik dari smartphone seperti charger, powerbank atau earphone. Akan lebih aman lagi jika ponsel dimatikan saat dibersihkan.

2. Jika pakai case atau cover, lepaskan dari smartphone kamu. Gadget dan cover harus dibersihkan secara terpisah.

3. Tuangkan alkohol dengan konsentrasi minimal 70 persen ke dalam botol spray.

4. Siapkan microfiber atau kain dengan serat sangat halus. Kain ini bisa dibeli di toko peralatan rumah tangga. Jika tidak ada bisa juga dengan kain atau kapas tipis.

5. Semprotkan alkohol ke kain atau kapas sampai terasa lembap, jangan membuatnya jadi basah kuyup.

6. Gunakan kain yang sudah disemprotkan alkohol itu untuk membersihkan ponsel. Gosokkan ke seluruh bagian smartphone dengan gerakan ke depan dan ke belakang.

7. Semprotkan alkohol ke cotton bud, lalu gunakan untuk membersihkan partikel-partikel kecil pada smartphone. Seperti area sekitar lensa kamera, lubang colokan earphone juga slot charger. Setelah itu gosok lagi dengan kain yang sudah diberi alkohol.

8. Setelah dibersihkan, diamkan hingga mengering selama 15 menit sebelum digunakan.



Simak Video "Sejumlah Pernikahan Tetap Berjalan di Tengah Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)