Hati-hati, Bawa Ponsel ke Toilet Tingkatkan Risiko Terinfeksi Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 09 Mar 2020 06:40 WIB
ilustrasi smartphone Ilustrasi bawa handphone ke toilet. Foto: Unspslah
Jakarta -

Semakin banyaknya orang yang terjangkit virus corona membuat warga dunia semakin waspada. Para pakar medis pun membagikan sejumlah tips pencegahan virus COVID-19. Salah satu caranya yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya adalah menghindari bawa handphone ke kamar mandi yang sering dilakukan orang.

Membawa dan menggunakan handphone di kamar mandi dikatakan bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus Corona. Para peneliti mengatakan jika virus tersebut bisa bertahan hingga sembilan jam di benda-benda keras, seperti plastik, baja, termasuk layar. Jadi jika benda itu terpapar Corona dari kamar mandi, virus bisa menempel lama di handphone Anda.

"Kamu bisa saja mencuci tangan tapi jika kamu mulai memegang layar smartphone lalu menyentuh wajahmu maka itu potensi rute infeksi," kata Profesor William Keevil, dari University of Southampton kepada Metro.



Dr Perpetua Emeagi, dosen di Liverpool Hope University pun mengatakan jika virus Corona menempel lama di feses. Dan hal tersebut bisa menyebar saat Anda membilas toilet. Bukan tidak mungkin virus itu akan menempel ke handphone, baju, dan kulit.

"Bukan masalah virus bertransmisi dari tangan ke ponsel. Kamu juga harus memikirkan efek dari membilas toilet. Ketika kamu membilas toilet kamu mengeluarkan partikel aerosol, yang mana bisa jadi virus atau bakteri,"

"Laporan terbaru mengungkap COVID-19 bisa menyebar melalui feses. Dan partikel aerosol dari kotoran berisiko terkait penyebaran virus Corona," ungkap Perpetua.



Ketika itu terjadi, pakai masker pun mungkin tak akan bisa menghindarkan Anda dari virus Corona. Karenanya, tahan keinginan untuk membalas pesan, buka media sosial, atau memutar musik dari handphone di kamar mandi.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/agm)